Minggu, September 27Informasi itu penting
Shadow

Peduli Kemanusiaan Ditengah Covid-19, Polda Kaltim & Kodam VI Mulawarman Gelar Aksi Bakti Sosial Donor Darah

Balikpapan – Kaltim,  Baraberita.com – Senin, 13/04/2020 – Untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan dalam memenuhi persediaan darah ditengah wabah virus Corona, Polda Kalimantan Timur bersama Kodam VI Mulawarman menggelar aksi Bakti Sosial Donor Darah, bertempat di Gedung Mahakam Mapolda Kaltim, Senin (13/04/2020).

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana, SIK., M.H menerangkan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian polri dan TNI untuk masyarakat, dimana diketahui selama pandemi Covid-19, persediaan stok darah di PMI menipis lantaran adanya kebijakan social distancing dan physical distancing.

“Kegiatan Ini untuk membantu pemenuhan kebutuhan darah di rumah sakit” tutur Ade

Dalam donor darah tersebut, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Drs. Muktiono, S.H., M.H., Kasdam VI Mulawarman, Wakapolda Kaltim dan para pejabat utama Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman juga ikut mendonorkan darahnya.

Ade menambahkan kegiatan donor darah ini aman, terlebih proses pengambilan darah telah menerapkan standar prosedur kesehatan. Yakni setiap pendonor telebih dahulu dicek suhu tubuhnya dengan menggunakan thermometer infrared.

Jarak masing-masing pendonor juga diatur sedemikian rupa, dan juga wajib pakai masker. Sebelum dan sesudah melakukan donor, juga diwajibkan mencuci tangan dengan hand sanitizer. Perlengkapan APD seperti sarung tangan juga digunakan oleh petugas medis yang mengambil darah.

“Dalam kegiatan donor darah ini diberlakukan standar operasional prosedur kesehatan. Semuanya disesuaikan dengan prosedur protokol Corona, Covid -19,” jelasnya. (Humas Polda )

Laporan : Rina Sengi Aliyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *