Minggu, Oktober 25Informasi itu penting
Shadow

Cegah Penularan Virus Corona (Covid 19), Polda Gorontalo Himbau Masyarakat Gunakan Masker Kain

Gorontalo – Baraberita.com – Kamis, 09/04/2020 – World Health Organizations/ WHO yang merupakan Badan Kesehatan Dunia telah mengubah kebijakan dan mendukung penggunaan masker untuk semua orang guna mencegah penyebaran pandemi corona virus disease (Covid-19). Sebelumnya, WHO merekomendasikan penggunaan masker hanya untuk orang sakit dan orang yang merawat pasien. Dengan perubahan kebijakan inilah maka pada tanggal 5 April lalu juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona yakni Achmad Yurianto dalam releasenya meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker.
Kebijakan pemerintah inilah kemudian direspon oleh Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Dr.Adnas, M.Si mewajibkan kepada seluruh personelnya untuk menggunakan masker begitu juga kepada masyarakat. Hal ini dikatakan Kabid Humas Polda Gorontalo dalam acara dialog di studio Radio Insania Kamis (9/4/2020) bersama nara sumber lainnya dr. Rosiana Kepala Bidang Kemasyarakatan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.
“Menindaklanjuti anjuran pemerintah tentang penggunaan masker, bapak kapolda telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk menggunakan masker. Masker yang digunakan pun dianjurkan adalah masker kain yang bisa dicuci dan dipergunakan kembali, sedangkan untuk masker bedah dan masker N95 hanya digunakan untuk tim medis,”kata Kabid Humas.
Selanjutnya Wahyu katakan bahwa Kapolda akan menindak tegas bagi mereka yang memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi.
“Saat ini keberadaan masker untuk kebutuhan tenaga medis semakin berkurang , Bapak Kapolda secara tegas katakan jangan ada yang menimbun ataupun memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi (meraih keuntungan), Beliau ( Kapolda) akan bertindak tegas bagi yang melanggar,”kata Wahyu.
Kemudian Wahyu menambahkan bahwa Polda Gorontalo saat ini telah mengkampanyekan penggunaan masker ini kepada masyarakat.
“Bapak Kapolda telah memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk mengkampanyekan penggunaan masker ini kepada masyarakat baik melalui media sosial,pemasangan stiker, spanduk himbauan, hingga memberikannya langsung kepada masyarakat, bahkan dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Otanaha 2020 yang digelar oleh jajaran lalu lintas, salah satu kegiatannya adalah membagikan masker kepada masyarakat,” ini bukti kepedulian Polda Gorontalo terhadap keselamatan masyarakat agar terhindar dari wabah virus corona,”ujar Alumnus Akpol 1998 tersebut.
Sementara itu dr Rosiana terkait kewajiban menggunakan masker mengatakan bahwa penggunaan masker dinilai efektif dalam mencegah penyebaran corona.
“Penggunaan masker terbukti secara signifikan mengurangi jumlah virus yang terdeteksi dalam partikel yang dilepaskan saat bernapas dan batuk. Oleh karena itu dalam mencegah penyebaran virus corona ini, selain masyarakat harus membudayakan hidup bersih, melakukan pola hidup sehat, juga harus menggunakan masker. Dan masker yang digunakan adalah masker kain yang bisa dibuat sendiri ataupun dibeli, sedangkan untuk masker bedah dan juga masker N95 hanya di gunakan untuk tenaga medis,”ujarnya.
Laporan : Abdulwahid Jakala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *