Minggu, September 27Informasi itu penting
Shadow

Alat Jemur Efek Rumah Kaca & Bio JPT Plus Juara TTG Se Kabupaten Paser

Tanah Paser – Kaltim, Baraberita.com Rabu, 18/03/2020 – Beragam produk unggulan desa pada ajang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan Pameran Produk Unggulan Khas Desa yang berlangsung di Kecamatan Kuaro, Rabu (18/3).

Pameran Potensi Desa  dan pameran produk unggulan khas desa diikuti  beberapan   stand  kecamatan di Kabupaten Paser ini,  ditandai   penyerahan juara lomba kreasi dan inovasi TTG.

Ada dua kategori yang diumumkan, yakni kategori alat TTG dan kategori metode pengolahan. Untuk alat TTG juara 1 inovator  Ali Maulana asal Posyantekdes Uko dengan nama alat Jemur Efek Rumah Kaca.

Selanjutnya juara 2 inovator Agus Salim asal  Posyantekdes Tajur nama alat popan/alat pembuat pakan ternak dan  juara 3 inovator Saiful Rahman asal Posyantekdes Songka nama alat pencetak pelet.

Harapan 1 inovator Mahdiansyah dan Sugiarto asal Posyantek Muru Makmur Kuaro nama alat alat pemipil jagung, harapan 2 inovator M Subandrio asal Posyantek Pait nama alat pembuat tusuk sate dan juara harapan 3 inovator SMKN 3 Tanah Grogot nama alat mesin pembuat es mini dan water heater.

Untuk kategori metode pengolahan juara 1 inovator Dakun asal Posyantedes Samurangau nama alat Bio JPT Plus, juara 2 inovator Komaruddin asal Posyantekdes Krayan Bahagia nama alat teknik pembuatan gula merah dari nira dan juara 3 inovator Horman Tarigan asal Posyantekdes Kertabumi nama alat  metode pembuatan pupuk kompos atau pupuk cair.

Ketua Panitia Camat Kuaro M Sidik mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memperkenalkan dan mempromosikan apa yang menjadi potensi desa sekaligus mengenalkan produk -produk unggulan yang bisa untuk dikembangkan desa tersebut.

Selain itu Sidik menyebutkanm, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk unggulan TTG dan produk unggulan khas desa dari inovasi mulai dari masyarakat umum maupun siswa dari tiap – tiap desa  yakni teknologi tepat guna yang di produksi oleh inovator – inovator. (humas)

Laporan : Dwi Paramitha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *