Rabu, September 30Informasi itu penting
Shadow

Sekda Kabupaten Paser : Mari Perkuat Kebersamaan Antara Kepala Desa & BPD

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Selasa, 10/03/2020 – Sekda Kabupaten Paser Katsul Wijaya menegaskan, pelantikan Anggota BPD adalah salah satu bentuk upaya meningkatkan kinerja kelembagaan di tingkat desa. Karena itu, mari perkuat kebersamaan antara kepala desa dan BPD dengan melakukan peningkatan partisipasi pemberdayaan masyarakat desa, di mana anggota BPD  dipilih secara demokratis dari dan oleh penduduk.

“Tugas dan fungsi BPD diatur dalam pasal 32 bagian kedua Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 tahun 2016 tentang BPD. Ini kemudian ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Paser dengan menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2020 tentang kelembagaan BPD. Karena itu, peran dan tugas BPD semakin kuat kelembagaannya dengan kelembagaan pemerintah desa dan masyarakat desa untuk bergerak membangun desa secara bersama-sama,” kata Sekda.

Menurut Katsul dalam sambutannya usai melantik 160 anggota BPD di Pendopo, Selasa (10/3)anggota BPD adalah orang-orang pilihan yang memiliki intelengensia dan kecerdasan emosional yang baik untuk pemberdayaan di masyarakat desa.

“Cita-cita besar kita adalah dengan pelantikan ini kita bisa membangun desa yang inovatif, desa yang mandiri, desa yang maju, desa yang berdaya saing dan bisa mendatangkan visa karena desa kita bisa menjual dan dikenal di masyarakat ,” ucap Katsul.

Selain itu lanjutnya,   desa yang inovatif dan kreatif sebagai mana visi Kabupaten Paser yang Maju, Mandiri Sejahtera dan Berkeadilan. “Karena itu  tingkatkan komunikasi dan koordinasi yang baik antar lembaga yang ada di desa maupun tingkatan yang lebih tinggi, karena harmonisasi pemerintahan dan kelembagaan yang ada di desa mencerminkan demokrasi yang baik. Ini akan membangkitkan semangat gotong royong untuk membangun desa yang lebih baik, Olo manin aso buen si olo ndo,” tandas Katsul. .

Begitu pentingnya keberadaan BPD  sebagai pengemban amanah, Sekda Katsul  berpesan untuk menjalankan  amanah  dengan baik dengan tetap berlandaskan kepada aturan yang berlaku dengan semangat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai peletak dasar nilai luhur bangsa untuk membangun bangsa ini dalam Kesatuan Negara Republik Indonesai. (humas)

Laporan : Rendra Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *