Selasa, September 29Informasi itu penting
Shadow

Sekda Kabupaten Paser Jadi Irup Pada Upacara K3 Tahun 2020

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Kamis, 05/03/2020 – Sekda Paser Katsul Wijaya, menjadi inspektur upacara (irup)  peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2020 di halaman Kantor Bupati, Kamis (5/3) pagi.

Kesempatan itu, Katsul Wijaya membacakan langsung pesan sambutan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI  di hadapan peserta apel dari unsur perusahaan, ASN dan pelajar.

Menaker lewat pesannya mengajak seluruh stakeholder baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja, dan masyarakat, untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) serta pengawasan.

Menurutnya, hal tersebut untuk mengantisipasi kecelakaan kerja akan mempengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional. “Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi dan pencemaran lingkungan, tapi juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Meminta Persoalan K3 hendaknya tidak hanya diingat dan dibahas saat terjadi kasus kecelakaan atau musibah di tempat kerja. Namun bagaimana pencegahan, antisipasi, sebelum terjadinya kecelakaan kerja harus diperhatikan oleh seluruh stakeholder.

“Kecelakaan kerja, tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat. Saya ingin menegaskan, K3 bukan hanya tanggung jawab para pengusaha dan pemerintah. Namun, serikat pekerja/buruh juga wajib memberi perhatian dan mendorong agar K3 dapat dijalankan secara efektif,”tegasnya.

Usai apel Sekda memberikan penghargaan kepada 10 perusahan Zero Accident dan 11 perusahan sebagai program pemberantasan HIV/AIDS di tempat kerja dan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan yang dilakukan oleh perwakilan dari salah satu perusahaan subkon PT Kideco. (humas)

Laporan : Rina Sengi Aliyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *