19 April 2024

Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana, Sekda Kabupaten Paser Serukan Jaga Alam

0

Tana Paser,  BARABERITA.COM  Jum’at, 26/04/2019  Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Paser melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Paser  melaksanakan Apel Kesiapsiagaan  Bencana di halaman Kantor Bupati Paser, Jumat (26/4). Sekda Paser Katsul Wijaya saat memipin apel kesiap siagaan menyerukan jaga alam  dengan harapan dapat meminimalkan  potensi terjadinya bencana.
“Patut kita syukuri bahwa Kabupaten Paser, Alhamdulillah tidak mengalami bencana besar hingga menimbulkan korban jiwa. Selama ini bencana banjir dan puting beliung pada waktu tertentu yang secara perhitungan dapat kita perkirakan. Pencegahan serta mengatasinya telah kita lakukan seperti di Kecamatan Longkali dengan membangun waduk dan siring untuk bencana banjir. Namun demikian, mari kita selalu berdoa, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi Bumi Daya Taka yang kita cintai ini,” tandasnya.
Masih menurut Sekda, pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana  yang dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 26 April, dilatarbelakangi oleh lahirnya Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
“Lahirnya  undang – undang ini merupakan perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke preventif  atau pengelolaan risiko bencana,” tandasnya.
Maka BPBD bersama seluruh instansi berwenang sebut Sekda akan berfokus melaksanakan kegiatan latihan mandiri penyelamatan terhadap bencana disekitar dengan memastikan tersampaikannya pengetahuan secara garis besar kepada masyarakat, tentang bagaimana merespon ancaman melalui latihan kesiapsiagaan bencana, seperti edukasi kebencanaan, simulasi evakuasi mandiri, gelada lapang, uji sirine, dan lain-lain yang dilaksanakan secara serentak.
“Melalui HKB 2019, setiap individu dapat membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak untuk bersama-sama melakukan kegiatan pendukung lainnya seperti penghijauan, kebersihan sungai, kebersihan pantai, penanaman mangrove dan kegiatan terkait lainnya,” sebutnya.(humas)
Laporan : Evan RS. Lintang

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *