Selasa, September 22Informasi itu penting
Shadow

Pemerintah Kabupaten Paser Siapkan Bantuan Uang Tunai Untuk Warga Terdampak Covid-19

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Selasa, 14/04/2020 – Pemerintah Kabupaten Paser memberikan bantuan uang tunai kepada warga yang mengalami kepayahan hidup akibat terdampak pandemic korona atau Covid-19.

Dari awal, Pemerintah Daerah sudah mengkhawatirkan akan timbulnya efek domino mengenai wabah corona, yakni, masalah sosial yang menyangkut perekonomian masyarakat. Untuk itu, Pemkab menyiapkan alokasi anggaran untuk penanganan masalah sosial tersebut.

Melalui program ini, setiap kepala keluarga akan mendapatkan bantuan uang tunai dari Pemerintah Daerah sebesar Rp 600 ribu per Kepala Keluarga (KK).

“Bantuan sebesar Rp600 ribu tersebut bersumber dari APBD Pemeritah Kabupaten Paser,  dan  ada tambahan dari pusat sebesar Rp200 ribu, ” kata Sekda Katsul  Wijaya.

Ia mengatakan penerima bantuan terdampak Covid -19  tersebut diluar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah berjalan, dan saat ini sebut Katsul, pemerintah daerah sedang mendata warga yang akan menerima bantuan terdampak Covid -19.

“Data tersebut juga akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Kaltim untuk dasar pemberian bantuan dari pemerintah pusat. Guna mempercepat pemberian bantuan,  maka proses pergeseran anggaran dalam APBD akan dipercepat,” sebut Katsul.

Terpisah, Wabup  H Kaharuddin menuturkan, pihaknya menyadari perekonomian masyarakat di wilayahnya mengalami kelesuan pasca mewabahnya virus corona. Apalagi, bagi masyarakat yang rawan miskin dan tak punya penghasilan tetap.

“Saat ini melalui Dinas Sosial masih menginventarisasi data penerima bantuan tersebut,” ujar Wabup. (humas)

Laporan : Rina Sengi Aliyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *