Rabu, September 30Informasi itu penting
Shadow

Pemerintah Kabupaten Keluarkan Edaran Bersama Himbau Warga Paser Ibadah di Rumah Saja

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Jum’at, 17/04/2020 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser mengeluarkan edaran agar ibadah berjemaah dilakukan di rumah. Hal itu diatur dalam surat yang dikeluarkan Pemkab Paser tertanggal 15 April 2020.

Edaran ini dikeluarkan Pemkab Paser bersama DPRD Paser, Komandan Kodim 0904 Tng, Kepolisian Resort Paser, Kementerian Agama Paser, Majelis Ulama  Indonesia (MUI) Kabupaten Paser, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Paser dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Paser.

Dalam  edaran bersama  tersebut  ditandatangani Bupati Paser H Yusriansyah Syarkawi, Ketua MUI Paser H Azhar Bahruddin, Kepala Kemenag Paser H Abdul Kholiq, Ketua DMI Paser H Abu Bakar Syam, Ketua FKUB Paser H Masud Leman, Kapolres Paser AKBP Murwoto, Dandim 0904 Tng Letkol Widya Wijanarko, Wakil Ketua DPRD Paser H Fadli Imawan dan Wakil Bupati Paser H Kaharuddin.

Ada tujuh  himbauan disampaikan kepada pengurus rumah ibadah dan organisasi keagamaan dalam rangka pencegahan penyebaran /penularan Covid-19 di Kabupaten Paser.

Pertama, mengajak semua umat beragama agar memantapkan dan meningkatkan keimanan dan senantiasa berdoa’a dan memohon ampunan kepada Allah  Subahanahu wata’ala, Tuhan Yang Maha Esa, agar kita semua terhindar dari bencana apapun.

Kedua, tidak melaksanakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak dirumah ibadah untuk mengindari kerumunan massa sebagai upaya mengurangi resiko penularan Covid-19.

Ketiga, sementara tidak menyelenggarakan Sholat Berjama’ah lima waktu dan Sholat Jum’at di Masjid/Langgar/Mushollah  (mengantinya dengan Sholat Dzuhur di rumah masing-masing.

Keempat, agar semua masjid /Mushollah/Langgar tetap mengumandangkan seruan Adzan sebagai tanda masuknya Sholat.

Kelima, sementara tidak melakukan kegiatan rutin apapun di Rumah Ibadah/Rumah Do’a (non muslim).

Keenam, dalam pelaksanaan Ibadah Ramadhan hendaknya mengikuti Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 Tanggal 6 April 2020 tentang penduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah ditengah Pandemi Wabah Covid-19.

Ketujuah, surat edaran bersama ini berlaku terhitung tanggal ditetapkan dan berakhir sampai dengan adanya pengumuman resmi dari Pemerintah tentang wabah Covid-19 telah dinyatakan aman dan terkendali.

Sementara,  walaupun cukup berat namun kebijakan terpaksa diambil setelah melakukan pertimbangan yang cukup matang saat digelar rapat bersama, Rabu (15/4)  yang diikuti Wakil Bupati Paser, Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dandim 0904 Tng, Kapolres,  Kepala Kementeran Agama, Ketua MUI, DMI dan FKUB. (humas)

Laporan : Rendra Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *