Jumat, Oktober 18Informasi itu penting

Pagi Ini ni Seluruh Kafilah Diajak Rekreasi Ke Tempat Wisata

Tana Paser,  BARABERITA.COM – Selasa, 03/09/2019 – Selesai mengikuti rangkaian lomba, ratusan kafilah MTQ ke-41, dari  10  kabupaten dan kota se Provinsi Kaltim  diajak untuk melakukan rekreasi, Selasa (3/9) hari ini.

Panitia seksi hiburan dan rekreasi  MTQ ke-41 Kaltim  mengajak seluruh kafilah rekreasi ke obyek Wisata Museum Sadurengas Pasir Belengkong, Kampung Warna-Warni Desa Janju dan pemandian Desa Kasungai atau  Goa Tengkorak Kecamatan Batu Sopang.

Di  Museum Sadurengas, para kafilah  diajak  untuk melihat peninggalan benda-benda sejarah Paser dan termasuk peninggalan batu Indra Giri yang menandakan masuknya Islam di Bumi Daya Taka serta Masjid Nurul Ibadah.

Masjid tertua  di Paser dan menjadi salah satu cagar budaya ini menjadi saksi bisu sejarah perkembangan Islam di Tanah Paser, berdiri kukuh di samping Museum Sadurengas, Kecamatan Paser Belengkong.  Dari cacatan sejarah, awal pembangunan masjid ini pada zaman Sultan Ibrahim Khaliluddin yang berkuasa pada abad ke-19.

Pilihan lainnya adalah kampung warna-warni Janju Kecamatan Tanah Grogot. Pariwisata  berbasis masyarakat atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini dipilih Kementerian Pariwisata sebagai 2 Pokdarwis terbaik di Bumi Etam (Kaltim) dan menjadi wakil tingkat nasional. Selain itu wisata Warna -warni ditetapkan sebagai Wisata Peduli Imflasi  baru-baru ini oleh Bank Indonesia.

Selain itu adalah obyek wisata  Kasungai Kecamatan Batu Sopang. Di lokasi obyek wisata yang mengandalkan pemadian serta permainan air ini, juga terdapat goa  alam  berasal dari jaman Kaharingan dan merupakan situs peninggalan sejarah yakni berupa Goa Tengkorak.

Kabag Bina Kesra II Setda Paser H Arifin  mengatakan, tujuan dilaksanakannya rekreasi ini selain untuk menghibur peserta kafilah yang sebelumnya sudah beberapa hari melaksanakan lomba, juga untuk mengenalkan obyek wisata di Kabupaten Paser.

Kafilah Paser Pilih Berwisata ke Kasungai

Usai mengikuti rangkaian lomba pada cabang MTQ Provinsi ke-41, seluruh kafilah Kabupaten Paser melakukan rekreasi. Yang dipilih  kafilah Paser adalah berwisata ke Desa Kasungai Kecamatan Batu Sopang.

Dimana para qori dan qoriah didampingi oficial dan pelatih serta beberapa keluarga mengunjungi wisata pemandian yang berada satu komplek dengan Goa Tengkorak.

Dikoordinir Oficial Paser Nanang Sujana,  tujuan dilaksanakannya rekreasi tersebut untuk menghibur semua peserta kafilah yang sudah berlomba pada saat MTQ.

“Tujuan kegiatan rekreasi kafilah ini selain untuk merilekskan diri usai berkompetisi sekaligus memperkenalkan tujuan kunjungan tempat wisata yakni Desa Kasungai,”  ucapnya

Sebenarnya menurut pejabat Kementerian Agama Kabupaten Paser ini, ada dua obyek wisata yang ditawarkan panitia kepada seluruh kafilah peserta MTQ ke-41, namun karena kafilah Paser merupakan warga Tanah Grogot dan sejumlah kecamatan, maka sepakat di pilih obyek wisata Kasugai.

“Karena banyak anak-anak dan rekan-rekan yang belum pernah berkunjung ke obyek wisata yang ada di Kecamatan Batu Sopang itu, maka kami minta izin kepada panitia untuk berekreasi ke Kasungai,” kata Nanang.

Salah satu kafilah anak-anak  M Yusuf asal  kecamatan Long Kali yang ikut mengaku merasa senang karena sudah bisa mengunjungi salah satu wisata alam dan situs sejarah Paser  yang ada di Kabupaten Paser.

“Ini pertama kalinya saya  berkunjung ke wisata Kasungai dan saya sangat senang bisa langsung meningmati suasana alam dan  pemandian serta situs goa Tengkorak ini, karena  sangat indah dan bagus,  ini menjadi kesempatan saya dan teman seluruh kafilah  mengabadikan momen dengan berfoto foto,” pungkas qori Tilawah andalan cabang tilawah Alquran ini. (humas)

Laporan : Rendra Gunawan

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE