Jumat, September 25Informasi itu penting
Shadow

Dinas PPKBP3A Kabupaten Paser Laksanakan ToT PPPRG

Tana Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Rabu, 19/02/2020 – Training Of Traniner (TOT) PPRG bagi Driver PUG Kabupaten Paser yang dilakukan oleh BKPPSDM Kabupaten Paser bekerjasama dengan LPPSP Jawa Tengah pada 2020 ini diikuti oleh 8 orang dari DPPKBP3A, 2 dari Inspektorat, 2 dari Bappelitbang dan 1 pada 17-20 Februari 2020.

Kegiatan ini didasari dari pemahaman bersama bahwa kebutuhan penganggaran yang responsif gender tersebut teramat penting. Konsep perencanaan responsif gender dan anggaran responsif gender yaitu suatu proses perencanaan dan penganggaran program dan kegiatan pembangunan yang mampu menjamin unsur keadilan terutama bagi perempuan dan laki-laki. Anggaran responsif gender adalah anggaran yang responsif terhadap kebutuhan perempuan dan laki-laki (gender) yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dan keadilan gender.

Melalui penganggaran yang responsif gender dapat diketahui sejauh mana dampak dari alokasi anggaran yang telah ditempuh pemerintah berpengaruh terhadap kesetaraan gender. Kesenjangan pelaksanaan prioritas pembangunan dapat dikurangi bahkan dihilangkan karena telah responsif terhadap kebutuhan gender (laki-laki maupun perempuan).

Tujuan dari pelatihan ini adalah (1) Memberi pemahaman kepada peserta tentang pentingnya Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam program pembangunan; (2) Memberi pemahaman tentang model perencanaan berbasis kinerja; (3) Memberi pemahaman konsep dan tatalaksana PPRG; (4) Melatih peserta untuk menyusun PPRG dalam program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan melalui Gender Analisys Pathway (GAP), Gender Budget Statement (GBS) dan Term of Refern (TOR); dan (5) Melatih peserta untuk mampu melaksanakan monev pelaksanaan PPRG

Adapun manfaat pelatihan ini adalah peserta akan mampu memahami secara keseluruhan pelaksanaan PPRG mulai dari konsep, pelaksanaan dan monitoring evaluasi, sehingga segera bisa melaksanaannya di lembaga masing-masing. (humas)

Laporan : Rendra Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *