Senin, September 21Informasi itu penting
Shadow

Bansos Daerah Kabupaten Paser Rp 600 Ribu Per KK Mulai Dikucurkan Sabtu Ini

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Kamis, 30/04/2020 – Pemkab Paser  akan  mencairkan bantuan social kepada para keluarga yang terdampak penyebaran virus Corona (Covid-19). Bantuan diberikan sebesar Rp600.000 per kepala keluarga (kk) setiap bulan selama wabah corona.

Penyaluran bansos Rp600.000  ini, akan dimulai pada Tanggal 3 Mei 2020, dan penyaluran bantuan yang bersumber dari keuangan daerah melalui kartu yang berfunsi layaknnya ATM dari BRI, Sabtu (2/5) pagi diagendakan  akan resmi diserahkan Wakil Bupati Paser H. Kaharuddin, S.E

Kepastian  dikucurkannya bansos  tahap pertama ini, setelah disepakati dalam rapat bersama yang dipimpin Sekda Paser Katsul Wijaya bersama Wakil Bupati Kaharuddin, Ketua DPRD Hendra Wahyudi, Unsur Forkopimda serta sejumlah jajaran terkait di lingkungan Pemkab Paser usai pelaksanaan MoU Pemkab Paser bersama Kejaksaan Negeri Paser terkait percepatan penanganan Covid-19.

“Warga kita sudah menunggu kapan bansos ini dikucurkan. Alhamdulilah mulai Sabtu lusa untuk tahap pertama sudah bisa diterima , dimana masyarakat yang terdata akan mendapatkan bansos senilai Rp600 ribu /bulan dan sesuai  anggaran akan disalurkan selama 3 bulan ini,” kata Wabup Kaharuddin.

Kepala Dinas Sosial Paser Hairul Saleh menyebutkan, ada sekitar 18.596 kk yang akan menerima bansos senilai Rp600 ribua /bulan selama tiga bulan. Selain itu jelasnya, keterlambatan penyaluran ini karena ada nya prosedur yang harus dilewati, sehingga bansos baru bisa dikucurkan Sabtu pekan ini.

Selain itu jelas Hairul, awalnya Dinsos menerima data sekitar 33.000 kk dalam usulan desa/kelurahan. Namun karena masih ada kk penerima PKH dan BPNT  bahkan ada pegawai  dan lainnya, sehingga harus dipilih secara satu persatu.

“Data tersebut kami bagi jadi dua, yakni sudah fix dan belum fix. Selanjutnya dikembalikan kedesa atau kelurahan masing-masing dengan harapan desa/kelurahan meninjau ulang. Akhirnya dari 33 ribu, menurun menjadi 18.596 kk,” sebutnya.

Selanjutnya akan dilakukan proses pencairan  terhadap data yang sudah final, dan begitu warga menerima kartu ATM, pada hari itu, sudah bisa digunakan untuk belanja kebutuhan barang pokok.

“Jadi yang hari Sabtu nanti  khusus untuk warga keluarahan Tanah Grogot  sekitar 2 ribu kk. Kemudian berlanjut kedesa/keluarahn lainya. Yang jelas BRI sudah menyatakan kesanggupannya untuk penyaluran karena setiap desa mereka memiliki teras,” kata Hairul.

Ditambahkannya, sebanyak 5.892 kk miskin  mendapat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), 4.189 kk miskin mendapat bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT dan  8.777 mendapat Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Ada sekitar 18.858 kk yang dapat dari pemerintah pusat, bail lewat PKH, BPNT maupun BLT.  Jika ditambah 18.596 kk penerima bansos dari daerah, tercatat sebanyak 37.454 kk di Kabupaten Paser akan menerima bantuan,” sebutnya. (humas)

Laporan : Dwi Paramitha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *