Minggu, September 27Informasi itu penting
Shadow

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kab. Paser Ina Rosdiana “Dijabarkan Kedalam 3 Program Prioritas Pembangunan Daerah 2021”

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Rabu, 11/03/2020 – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Paser Ina Rosana mengatakan, berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 tentang perencanaan pembangunan nasional dan permendagri Nomor 86  tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, rencana pembangunan daerah dirumuskan secara transparan dan partisipatif dengan pendekatan top-down dan bottom up.

Berdasarkan amanat peraturan tersebut menurut Ina, maka rancangan awal RKPD wajib dibahas bersama dengan seluruh pemangku kepentingan dalam Forum Konsultasi Publik guna memperoleh masukan dan saran bagi penyempurnaan dokumen.

Hal ini dikatakan  Ina saat membuka konsultasi publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten  Paser  tahun 2021 yang digelar di Pendopo, Rabu (11/3).

Menurut Ina, sesuai dengan tema RKPD Kabupaten Paser Tahun 2021 yaitu Pemantapan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Potensi Ekonomi Yang Berkelanjutan”, tema ini kemudian dijabarkan ke dalam tiga program prioritas pembangunan daerah tahun 2021.

Tiga program prioritas pembangunan sebut Ina meliputi pemantapan kualitas infrastruktur guna mendorong laju aktifitas perekonomian masyarakat, pemantapan pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis sumberdaya lokal dan perlindungan terhadap daya dukung lingkungan hidup dan peningkatan indeks pembangunan manusia  dan peningkatan SDM aparatur.

“Hal ini tentu sejalan dengan visi Kabupaten Paser yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Paser Tahun 2016-2021 yaitu Terwujudnya Kabupaten Paser Yang Maju, Mandiri, Sejahtera Dan Berkeadilan,” kata Ina.

Untuk merealisasi visi tersebut lanjut Ina, maka di dalam RPJMD telah ditetapkan lima misi pembangunan Kabupaten Paser yaitu meningkatkan pembangunan infrastruktur transportasi, energi, air bersih dan pemukiman, meningkatkan pelayanan dasar di bidang pendidikan dan kesehatan, memperkuat fondasi perekonomian yang berbasis potensi lokal dan berkelanjutan, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan, memperkuat kohesivitas sosial, budaya, dan adat istiadat lokal.

“Perencanaan pembangunan yang telah disusun saat ini tidak mungkin seluruhnya menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di Kabupaten Paser. Namun demikian, melalui program, kegiatan yang telah direncanakan diharapkan dapat mengurangi permasalahan pembangunan secara bertahap, terutama permasalahan pembangunan yang menyangkut kebutuhan dasar masyarakat,” tandasnya.

Selain itu sebut Ina, RKPD Kabupaten Paser 2021 disusun berdasarkan hasil analisis yang merupakan penjabaran dari isu strategis dan prioritas pembangunan daerah dalam rangka mendukung pencapaian visi dan misi pembangunan daerah Kabupaten Paser.

“Selain itu, Pemerintah Daerah wajib menerapkan prinsip efisien, efektif, transparan, akuntabel dan partisipatif dalam pelaksanaan kegiatan guna mencapai sasaran yang tertuang dalam RKPD 2021,” sebut Ina.

RKPD tahun 2021 tambah Ina ditetapkan berdasarkan prioritas pembangunan yang menitikberatkan pembangunan pada pembangunan infrastruktur, sumber daya manusia, pertanian dalam arti luas, serta kegiatan penunjang lainnya, dijabarkan pada 35 urusan, yang terdiri dari 6 urusan wajib pelayanan dasar, 17 urusan wajib non-pelayanan dasar, 7 urusan pilihan dan 5 urusan penunjang. (humas)

Laporan : Rendra Gunawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *