Minggu, Oktober 25Informasi itu penting
Shadow

Anggaran Penanganan Covid-19 di Kaltara Ditargetkan Diatas Rp 100 Miliar

Tanjung Selor – Kaltara,  Baraberita.com – Jum’at, 17/04/2020 Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie menanggapi positif usulan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara Noorhayati Andris yang mengharapkan agar anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 di Kaltara ditingkatkan hingga diatas Rp 100 miliar. Usulan tersebut disampaikan pada Musrenbang RKPD 2021 Provinsi Kaltara melalui videoconference menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Kamis (16/4) siang.

“Saya sepakat dengan usulan ketua DPRD Kaltara untuk melakukan penambahan anggaran penanganan Covid-19 di Kalara. Kalau bisa, nanti diatas Rp 100 miliar sehingga dapat melingkupi banyak kegiatan untuk pencegahan dan penanganan wabah ini,” kata Gubernur.

Untuk memenuhinya, Irianto mengakui bahwa kini tengah dilakukan langkah refocusing kegiatan dan realokasi anggaran atas sebagian besar program kerja yang ada di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara. “Hingga kini, Pemprov Kaltara terus menelusuri anggaran-anggaran yang dapat direalokasi guna kepentingan penanganan wabah Covid-19. Insya Allah targetnya bisa mencapai atau diatas Rp 100 miliar,” ujar Irianto.

Pun demikian, ketersediaan anggaran untuk penanganan wabah tersebut, hingga saat ini dinilai dalam skala menengah. “Kalau dilihat dari beberapa daerah yang sudah melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk kegiatan penanganan Covid-19 di Indonesia, Kaltara berada di tengah-tengah dengan nilai sekitar Rp 60 miliar,” ucap Gubernur.

Pentingnya ketersediaan anggaran yang memadai dalam menghadapi wabah global ini, juga untuk mengantisipasi kemungkinan masih panjangnya waktu pandemi berlangsung. Untuk itu, anggaran yang tersedia akan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang berimplikasi pada upaya pencegahan penularan dan peningkatan imunitas masyarakat serta kegiatan terkait lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menerima kabar bahwa paling lambat Mei mendatang Komando Resor Militer (Korem) Kaltara akan didirikan. Korem 092/Kaltara sebutannya. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI/Mulawarman Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta. “Pada prinsipnya, Pemprov Kaltara siap menerima kehadiran Korem 092/Kaltara. Dan, untuk pembangunan fasilitas perkantoran dan lainnya, lahannya disediakan Pemprov Kaltara di KBM Tanjung Selor,” tutup Irianto.(humas)

Laporan : Asrudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *