Rabu, September 30Informasi itu penting
Shadow

Pastikan Tak Ada Penolakan Warga, Kapolres Tomohon Kawal Pemakaman Jenazah Covid-19 di Tomohon Selatan

Tomohon – Sulut,  Baraberita.com – Selasa, 28/04/2020 – Humas Polda Sulut – Kapolres Tomohon, AKBP Raswin Sirait mengawal dan memantau pemakaman jenazah berstatus PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19, di TPU Tumatangtang Satu, Tomohon Selatan, Selasa (28/04/2020), sekitar pukul 11.20 WITA.

Korban merupakan warga Kota Tomohon. Informasi diperoleh, korban memiliki riwayat sakit radang paru-paru, menyerupai gejala Covid-19 sehingga berstatus PDP, dan sudah dirawat selama dua minggu di RSUD Anugerah Mulia Tomohon.

Korban meninggal dunia Selasa pagi, sekitar pukul 06.00 WITA. Usai melalui proses pemulasaraan sesuai protokol penanganan jenazah Covid-19 oleh pihak rumah sakit setempat, sekitar pukul 10.51 WITA jenazah dibawa menuju TPU menggunakan mobil jenazah, dikawal oleh Satlantas Polres Tomohon.

Sesaat sebelum dimakamkan, dilakukan ibadah singkat dipimpin pendeta yang dipancarkan melalui pengeras suara dari gereja, sedangkan doa di TPU dipimpin oleh Lurah Tumatangtang.

Jenazah selanjutnya dikebumikan oleh pihak keluarga dan relawan yang menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap. Proses pemakaman juga dilakukan sesuai protokol pemakaman jenazah Covid-19. Proses pemakaman selesai sekitar pukul 11.45 WITA dalam keadaan aman dan lancar.

Kapolres mengatakan, kehadiran pihak TNI-Polri saat pemakaman ini untuk mengantisipasi terjadinya penolakan oleh warga atau pihak manapun.

“Terima kasih kepada masyarakat, pemerintah kelurahan dan kecamatan, relawan dan keluarga yang telah membantu proses pemakaman dengan protap Covid-19, sehingga berjalan dengan aman dan lancar, tidak ada penolakan,” pungkasnya.

Sementara itu kerabat korban juga menghaturkan terima kasih kepada pihak kepolisian, TNI, pemerintah kelurahan dan kecamatan, Dinas Kesehatan, relawan dan masyarakat serta semua pihak yang telah membantu pemakaman, dan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Turut hadir dalam pemakaman tersebut, Kapolsek Tomohon Selatan, Danramil Tomohon, Camat Tomohon Selatan, Lurah Tumatangtang, dokter dan perawat Puskesmas Lansot, Tim Koordinasi Pemakaman Covid-19, Dinas Kesehatan Provinsi Sulut serta BPBD Kota Tomohon.

Laporan : Atriani Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *