Ada 13 Manfaat Fitnes Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Dedi Sedang Fitnes

Tanah Paser  BARABERITA.COM 28/01/2018 Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan berolahraga kini olahraga yang banyak diminati saat ini adalah Fitnes dengan olah body kita juga bisa teratur terhadap pola makan dan menjadikan pola hidup sehat, karena fitness atau olah body juga dipengaruhi pola makan. BARABERITA.COM mendatangi sebuah studio fitness di kota Tanah  Grogot bertemu dengan Dedi firdaus salah satu penggemar fitness. Dedi mengungkapkan fitness membuatnya menjalankan pola hidup sehat dan berhasil berhenti merokok, Dedi mulai olahraga itness 1 tahun lalu secara rutin  dan kini bisa fitness 4 kali dalam seminggu dari jam 19.30 sampai 21.30 wita. Dedi merasa senang dengan kehadiran crew BARABERITA.COM karena merupakan momentum buatnya menjelaskan manfaat Fitnes, berikut ini 13 manfaat fitness menurut kesehan tambah Dedi.

 

Dedi bersama Rekan ditempat Fitnes

13 Manfaat Fitness Bagi Kesehatan

Begitu banyak manfaat fitness yang bisa kita capai baik untuk pria dan untuk wanita yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayangnya, kebanyakan orang masih beranggapan kalau program fitnes semata-mata ditujukan untuk membentuk badan. Meskipun anggapan tersebut tidak salah, masih banyak lagi manfaat yang bisa kita uraikan sebagai berikut:

  1. Pembakaran Lemak

Olahraga pasti akan membakar lemak. Sekecil apapun waktu atau porsi latihan yang sedang dijalani. Tujuan ini seringkali menjadi prioritas utama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Kita ambil saja sebuah contoh latihan mengangkat beban yang dilakukan tiga hari selama sepekan dalam waktu dua bulan. Setidaknya pembakaran lemak bisa mencapai 3,5 pounds.

  1. Kekuatan Fisik

Latihan dalam program fitnes bukan sekadar ingin membentuk badan kekar dan seksi. Tapi lebih dari itu, Anda akan mengalami perubahan besar dalam kekuatan fisik. Jumlah otot akan bertambah sesuai dengan porsi latihan. Sekaligus meningkatkan kemampuan Anda dalam mengangkat beban. Dan Anda bisa memilih untuk tidak menjadi kekar karena ada program dengan regulasi tertentu sehingga bentuk badan tetap ideal, tapi dengan kekuatan fisik yang lebih bagus.

  1. Kebugaran

Menjalankan program fitness secara teratur akan meningkatkan kebugaran. Anda tak akan mudah lelah atau mengantuk dalam rutinitas sehari-hari.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit

Ada banyak ancaman penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Persoalan ini sering menjadi dilema bagi mereka yang ingin berolahraga tapi merasa khawatir dengan risiko dan konsekuensi selama latihan. Tapi Anda sebetulnya bisa menjalani beberapa program fitnes yang sederhana dan bisa menurunkan banyak risiko penyakit seperti jantung dan diabetes. Dengan menjalani program fitnes secara teratur, kinerja jantung akan lebih optimal diiringi dengan sirkulasi darah yang lancar. Konsentrasi gula darah juga akan semakin seimbang sehingga bisa menghindarkan kita dari risiko diabetes.

  1. Detoksifikasi

Selain untuk membentuk fisik dan kekuatan, program fitnes yang dijalani secara teratur akan membantu proses detoksifikasi alias pengeluaran racun dari tubuh. Normalnya, racun dalam tubuh dikeluarkan melalui beberapa proses alami seperti urine, ludah dan napas. Nah, program fitness akan membantu meningkatkan kualitas pernapasan sehingga kinerja ginjal akan semakin baik sekaligus melancarkan proses detoksifikasi.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Berlatih fitnes akan membantu proses metabolisme yang maksimal. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika menyantap banyak makanan berkalori selama menjalani olahraga secara teratur.

  1. Mencegah Stres

Program fitnes akan membantu Anda mengurangi stres, atau setidaknya menghilangkan risikonya. Akibat dari tekanan pekerjaan dan rutinitas keseharian, orang bisa saja mengalami stres dalam skala kecil. Tapi jika terus menerus ditumpuk menjadi beban pikiran, hal itu akan berpengaruh pada kesehatan fisik. Nah, latihan fisik akan membantu mencegah stres apalagi jika Anda melakukannya secara rutin di gym. Selain situasinya yang mendukung, Anda bisa memperluas lingkaran pertemanan sehingga bisa saling berbagi cerita dan pengalaman.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Menurunnya daya konsentrasi dan ingatan dipengaruhi oleh umur yang bertambah. Tapi masalah tersebut bisa diatasi dengan menyeimbangkan latihan fisik dalam program fitnes. Tubuh yang bugar dan terlatih dengan baik akan terbebas dari risiko penurunan konsentrasi. Sebab Anda akan terbiasa dengan jadwal yang ketat tapi santai, sekaligus bisa melatih fokus.

  1. Melawan Pikun di Hari Tua

Jika anda rajin berolahraga di hari muda maka sudah seyogyanya anda tidak perlu khawatir dengan kepikunan di hari tua. Fitnes merupakan salah satu jenis latihan yang dapat menghilangkan pikun hari tua anda.

  1. Membentuk & Mempercantik Tubuh

Fitness bukan hanya untuk membentuk tubuh pria agar tampil kekar dan memiliki bentuk yang berotot-otot. Fitness memiliki banyak jenis yang tidak semuanya bertujuan untuk membentuk fisik, anda dapat mempercantik pinggul, lekukan tubuh baik untuk pria dan wanita agar tampil lebih menawan.

  1. Bersosial

Anda yang memiliki waktu luang untuk fitness akan memiliki banyak teman dan tentu komunitas serta pergaulan yang sehat dan bugar. Dengan bergaul dengan teman yang ikut fitnes maka sudah sewajarnya anda saling berbagi dan bertukar informasi mengenai kesehatan atau info gizi lainnya.

  1. Menikmati Hidup

Fitness juga dapat digunakan sebagai hobi yang sangat menyenangkan, tidak heran ada banyak orang memanfaatkannya hanya sebagai menjalankan hobi yang menurutnya sangat menarik. Berkenalan dengan teman, berkumpul, dan berbagi tips mungkin sangat menyenangkan bagi mereka yang menjalaninya.

  1. Melatih pernafasan

Sering dan rutin fitness merupakan salah satu cara untuk melatih pernafasan yang sangat dianjurkan oleh berbagai profesional. Dengan rajin fitness anda akan memiliki pernafasan yang sangat prim.

Tulisan Eed Junian Wiradmana

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *