Tim Analis Informasi Humas Paser Belajar di Humas Kota Surabaya

TANA PASER, BARABERITA.COM Kamis 02/08/2018 Tim Analis Bagian Humas dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Kabupaten Paser meningkatkan keterampilan dan daya asah dalam menganalisis persoalan di Kabupaten Paser dengan belajar di daerah yang sudah berpengalaman. Kali ini yang dipilih adalah Humas Kota Surabaya yang sudah beberapa langkah di depan terutama dalam hal analisis informasi berbasis online.

Ada lima staf tim analis yang dikirim untuk belajar di Surabaya, Kamis (2/8), yaitu Mustaqiem, Engla Warisky, Muhammad Hairuni, Hijrachman dan Harmin. Mereka adalah anggota tim analis yang sejak awal 2017 lalu sudah melaksanakan analisis terhadap segala berita negatif dan pengaduan masyarakat tentang kinerja Pemerintah Kabupaten Paser.

Kepala Bagian Pemerintahan Aripin yang memimpin tim ini mengatakan bahwa alasan memilih Kota Surabaya karena mereka sudah menggunakan analisis sistem online. “Tim sudah bekerja optimal sejauh ini namun masih bersifat off line, dan jika mengevaluasi kinerja mereka, saya yakin mereka bisa lebih dari itu,” ujar Aripin.

Aripin mengatakan bahwa tugas analis informasi ini tergolong berat, karena harus bisa mengubah citra negatif pemerintah dalam bentuk rekomendasi operasional yang ditawarkan kepada pimpinan sebagai pengambil kebijakan. “Di sini perlu wawasan tentang su yang berkembang, referensi seperti produk hukum terkait atau kebijakan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten, jika ada, dan masukan dari berbagai unsur masyarakat yang dipadukan jadi satu,” jelasnya lagi.

Sementara itu Kepala Subbagian Humas dan Kerja Sama Abdul Kadir mengatakan bahwa tugas analisis informasi ini merupakan salah satu tugas pokok humas, dan berjalan dengan efektif sejak dua tahun terakhir. “Ini kedua kalinya kami mengirim staf untuk belajar, kalau tahun 2017 lalu tim yang sama dikirim ke Fisip UGM Jogja untuk mempertajam daya kritik dalam melihat isu yang berkembang,” kata Abdul Kadir.

Laporan : Evan RS Lintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *