SMK Neg. 4 Juara 1 Lomba Esai Budaya Kewarganegaraan Tingkat SMA/MA/SMK Se Balikpapan, Berlangsung Di SMA Negeri 5 Balikpapan

Balikpapan, BARABERITA.COM Senin, 29/10/2018 Bertempat di Aula SMA Negeri 5 Balikpapan senin 29/10/2018 pukul 09.00 wita diadakan lomba Esai Budaya Kewarganegaraan tingkat SMA/MA/SMK Se Kota Balikpapan dalam rangka memperingati 90 tahun Sumpah Pemuda, lomba diikuti 22 kelompok, setiap kelompok mempunyai anggota 3 orang didampingi seorang guru, Lomba dibuka Ketua Komisi X DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP, Komisi yang membidangi Pendidikan, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan mewakili Walikota Balikpapan, tim juri Dr. Edy Rachmad, M.Pd. ( Sekretaris Managemen Pendidikan Program Doktor Unmul ) Drs. Supriadi, M.Pd. ( Ketua IKA Lemhanas Balikpapan ) Nira Surya, S.Pd, M.Si ( Pengawas Pendidikan Kaltim )


Hetifah dalam sambutannya berpesan bahwa perlombaan bukan menjadikan kita pecah belah. Tapi menjadi pemersatu kita. Di hadapan para siswa, Hetifah juga memotivasi mereka agar kelak menjadi pemimpin. “Anak-anak, kalian nanti akan menjadi pemimpin. Menggantikan saya di DPR RI. Sekarang banyak tokoh muda. Ada yang bergerak di bidang bisnis, dan lain sebagainya. Kalian nanti bisa jadi pemimpin di tingkat Balikpapan, bisa jadi pemimpin tingkat nasional. Saya yakin kalian akan jadi pemimpin yang berkualitas dan berintegritas,” ujar Hetifah memberi semangat.
Walikota Balikpapan yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Ir. Muhaimin, memberi apresiasi kepada para peserta lomba, “ Saya bangga dengan adik-adik yang punya semangat tinggi, ditangan adik-adik lah kelak kelangsungan bangsa yang kita cintai ini, terus berkarya, saya juga mengapresiasi hasil karya anak-anak SMA Negeri 5 Balikpapan mengadakan Bazar hasil karya seni mereka, semoga kedepan potensi yang ada bisa meningkatkan penghasilan.”

Lomba Esai berakhir tepat pukul 16.00 wita, dilanjutkan dengan rapat dewan juri menentukan pemenang lomba, pukul 17.00 wita Ketua dewan juri Dr. Edy Rachmad mengumumkan pemenang, juara harapan III nomor undian 04 SMA Patra Darma jumlah nilai 745,8, juara harapan II nomor undian 18 SMA Negeri 5 jumlah nilai 747,25, juara harapan I nomor undian 10 SMK Negeri 3 jumlah nilai 747.85, juara III nomor undian 08 SMK Negeri 1 jumlah nilai 747.85, juara II nomor undian 16 SMA Negeri 6 B dengan jumlah nilai 749.9, juara 1 nomor undian 07 SMK Negeri 4 dengan jumlah nilah 7.49.9.
Ketua dewan juri Dr. Edy Rachmad dalam sambutannya, “ Saya bangga dengan hasil yang anak-anak capai, semua guru pendamping saya kenal baik, beliau beliau orang-orang hebat, punya kempuan mumpuni, sebagian besar mantan mahasiswa saya jadi saya kenal akrab, seperti Wina Lubis, S.Pd guru pembimbing SMK Negeri 4 setiap saya memberi tugas kepadanya tidak ada yang tidak selesai, saya ucapkan selamat kepada para pemenang, semoga apa yang dicapai hari ini bisa menambah pengetahuan anak-anak dan bermanfaat buat kita semua.”

Wina Lubis, S.Pd, “ Sebagai pembimbing, saya merasa bersyukur dengan adanya kegiatan ini melatih peserta didik untuk tidak hanya cerdas secara intelektual tapi siswa juga harus cerdas secara prilaku. Agar lahir generasi penerus bangsa yang berbudi pekerti luhur.”

Peserta : Ina Julita
Sekolah : SMKN 4 Balikpapan
“Ucap syukur saya panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa, saya harap makna dari lomba ini dapat diterapkan di kehidupan sehari hari dan dapat maju ke jenjang provinsi.”

Peserta : Muhammad Fahmi, Sekolah : SMKN 4 balikpapan
“Harapan saya setelah mengikuti lomba ini saya akan terus belajar lagi tidak cukup sampai disini saja ,saya akan membuktikan bahwasanya bisa membanggakan sekolah saya yaitu SMK negeri 4 Balikpapan.”

Peserta : Putri Rahayu Oktaviani, Sekolah : SMKN 4 Balikpapan
“Saya berharap lomba seperti “Essay budaya kewarganegaraan” ini dapat terus berlanjut. Dan juga saya berharap kami semua, para pelajar dapat menjadi generasi penerus bangsa yang bisa melanjutkan perjuangan para pendahulu demi kemajuan bangsa dan negara kita.”

Peserta : Nasywa Azizah SMAIT Al Auliya, Uneg-unegnya tidak ada, namun berharap lomba lomba intelektual dan kritikal thingking seperti ini dapat terus direalisasikan untuk SMA/MA/SMK kota Balikpapan yang diamini temannya, SALAM PEMUDA.

Maya Syafitrie, S.Pd, M.Pd, selaku panitia penyelenggara Lomba Esai Budaya Kewarganegaraan tingkat SMA/MA/SMK Kota Balikpapan 2018, “ Alhamdulillah, Pelaksanaan acara berjalan sesuai rencana, saya ucapkan terima kasih kepada Dewan juri, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Balikpapan dan rekan guru, tata usaha, kepala-kepala sekolah yang telah sudi mengirimkan anak didik, tak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada adik-adik tercinta, semoga dengan lomba ini makin menambah wawasan dan pengetahuan adik-adik.”
Laporan : Arimin JW

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *