SMA NEGERI 5 GELAR TABLIGH AKBAR PERAYAAN TAHUN BARU ISLAM 1440 H

Balikpapan, BARABERITA.COM  Rabu 19/09/2018  FOKSIS SMA Negeri 5 Balikpapan dibawah asuhan Tety Anita,S.Ag Menggelar Tablig Akbar yang ditandai dengan diadakannya lomba-lomba bernuansa islami dimulai senin–selasa 18-19 September 2018 dan pada puncaknya pada hari rabu 20 September 2018 diadakan Tabliq  Akbar yang diikuti seluruh siswa baik kelas X,XI dan kelas XII muslim, adapun kegiatan meliputi lomba Kaligrafi sebagai juara 1 Kevin Octavidiyanto kelas XII IPA 4, lomba Azan sebagai juara Muhammad Arham Birawa kelas XI IPA 5, Lomba tartil sebagai juara Alifia Cindy Azzahri kelas XII IPA 4, lomba khutbah juara Muhammad Ismail Asmikelas XI IPA 5.

Dalam sambutannya Dra. RirienFriedayati sebagai kepala sekolah mempertegas  dari VISI SMAN 5 Balikpapan “ Terwujudnya siswa yang Berimtaq, Beripteks, Berbudaya lingkungan dan Berwawasan Nasional.” IMTAQ adalah singkatan kata dari IMAN dan TAQWA. Berbicara IMAN dan TAQWA itu sangat lahluas.

Pertama saya akan membahas IMAN. Dalam bahasa Arab IMAN artinya ialah percaya sedangkan menurut istilah mempercayai, membenarkan dengan hati, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dalam perbuatan. Dengan demikian, pengertian IMAN kepada ALLAH SWT adalah membenarkan dengan hati, kemudian kitamengakuinya dengan lisan atau diikrarkan serta dibuktikan dengan perbuatan kita dengan nyata bahwa kebenaran adanya Tuhan yaitu ALLAH SWT.

Kedua TAQWA. Taqwa / takwa ini dalam bahasa Arab berarti menjaga diri dari siksaan ALLAH SWT dengan mengikuti segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya ( yang telah ditentukan ). Dalam artian sempit ialah takut, tidak hanya cukup untuk takut saja tetapi kita juga harus ridho ( menerima dan ikhlas ) dengan segala apa yang telah ditentukan-NYA untuk kita.

Adapun kegiatan inti diisi oleh ustadz AGUS KHOIRUL HUDA, L.C yang memaparkan tentang 1 Muharram, menurut beliau Bulan Muharram adalah termasuk salah satu dari 4 bulan yang di muliakan oleh Allah SWT. Sebagaimana yang telah di firmankan oleh Allah dalam KitabNya yang mulia, Al Qur’an Al Karim. Kemuliaanbulan Muharram adalah karena dalam bulan itu terdapat hari Asyuro’ (10 Muharram), dimana  pada hari itu banyak sekali keutaman-keutamaan yang jika kita mau beramal soleh, tentu akan kita peroleh Rahmatdari Allah.

Di hari  itu kita disunnahkan untuk menyayangi anak yatim dengan mengusap kepalanya dan memberinya sedekah. Selain itu kita juga di sunnahkan untuk melapangkan makanan untuk keluarga di rumah seperti memasakkan makanan yang special dan lain dari hari biasanya.

Sunnah lain yang tak kalah penting adalah berpuasa di hari itu. BahkanRasullulah SAW bersabda bahwa “ barangsiapa yang berpuasa pada hari Asyuro’, maka seakan-akan ia telah berpuasa setahun lamanya”, itulah keutamaan hari Asyuro’ yang terdapat dalam bulan Muharram ini.

Bukan tanpa alasan kita disunnahkan untuk berpuasa padahari itu, karena jika kita melihat sejarah, banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada tanggal tersebut, diantaranya adalah:

  1. Taubat Nabi Adam diterima pada tanggal 10 Asyuro’. Seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Adam dikeluarkan Allah dari surge karena godaan syaitan dan kemudian memakan buah Khuldi. Ia pun dipisahkan dari Siti Hawa saat diturunkan di bumi. Menuru triwayat beratus–ratus tahun lamanya Nabi Adam memohon ampun pada Allah, kemudian pada tanggal inilah taubatnya diterima.
  2. Nabi Nuh di selamatkan dari banjir bah padatanggal ini.
  3. Nabi Ibrahim diselamatkan dari api yang membakarnya pada tanggal ini.
  4. Nabi Yusuf danYa’kub di pertemukan kembali pada tanggal ini. Menurut Alquran Nabi Yusuf yang ditinggalkan oleh saudara-saudaranya sejak kecil dan terpisah dari nabiYa’kub puluhan tahun lamanya. Dan selama puluhan tahun itu juga nabi Yakub menangis dan merindukan nabi Yusuf. Kemudian berkat Rahmat Allah, Nabi Yakub dan Yusuf dipertemukan kembali pada hari itu.
  5. Nabi Yunus dikeluarkand ari perut ikan pada tanggal ini.
  6. Nabi Khidir di beri ilmu pada tanggal ini.
  7. Allah menciptakan surge dan neraka pada tanggal ini.
  8. Allah menciptakan malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrail padatanggal ini.
  9. Allah menciptakan Arsy dan Kursi Nya padatanggal ini. Allah menciptakan Kalam, bumi dan langit juga  pada tanggal ini.

Itulah peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi pada hari Asyuro’, semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang mampu meraih kemuliaan dalam hari yang di muliakan itu, Amiin.

Untuk menjalani kehidupan pada tahun ini kita harus menggunakan siasat yang mampu dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya :

  1. Kita harus memperhitungkan terhadap kepentingan hidup dimasa yang akan datang terutama di akhirat dengan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  2. Kita harus mau dan mampu melihat kesalahan dan dosa diri kita sendiri pada tahun yang lalu, kemudian kita bertaubat dan memperbaiki diri dengan mengerjakan amal saleh. Sebagaimana Firman Allah dalam Surat Al-Maidahayat 39, yang artinya : “ Maka barangsiapa yang bertaubat sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang”.
  3. Kita harus menyadari bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi kita, maka semua rayuan dan bujukan syetan berupa minuman khamr, narkoba, judi, zina dan perbuatan maksiat lainnya harus ditinggalkan karena merugikan dan menyengsarakan diri kita, baik di dunia maupun di akhirat.

Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama serta dilanjutkan dengan sholat ashar berjamaah

( Sumber Agus Budianto)

Editor : Arimin JW.

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *