Siswa(i) Kelas XII SMA Negeri 5 Balikpapan, Mengikuti Sosialisai Dari STT Migas Balikpapan

Balikpapan, BARABERITA.COM  Senin, 19/11/2018 Tim dari Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas  Bumi Balikpapan ( STT MIGAS Balikpapan ) Bertempat di ruang aula lantai 2 SMA Negeri 5 Balikpapan, hari senin 19 November 2018 pukul 07.45 wita mengadakan sosialisasi kepada siswa siswi sekolah tersebut, sosialisasi diikuti seluruh siswa kelas XII dan beberapa guru, dari STT Migas hadir Rizal Hadi Saputra, ST. M.T ( Kasubag LPPM ) IIN Darmiyati, Amd ( Kasubag Sapras ) Agus Eka Kusmanto ( Staf Kemahasiswaan ) Berry ( Teknisi ) Desma ( Mahasiswa berprestasi )

Dalam sosialisasi tersebut tim menyampaikan tentang program studi yang ada di STT Migas Balikpapan dan mendapat respon positif dari anak anak Smala, mereka sangat terbantu dengan informasi yang diberikan pihak STT Migas karena mereka tidak perlu lagi mencari informasi ke Kampus, dengan kata lain bisa menghemat waktu seperti yang diungkapkan Mei Setiawan dan Wahyu.

Mengenal Kampus STT Migas Balikpapan

Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan (STT MIGAS Balikpapan) merupakan perguruan tinggi yang berkonsentrasi pada program studi Perminyakan. Lokasi kampus STT Migas terletak di Jalan Soekarno Hatta kilometer 8 kelurahan Karang Joang kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Perguruan tinggi ini berdiri pada tahun 2001 dengan julukan  jaket merah. Bila diamati dari daerah sekitar dimana STT Migas didirikan, maka kemungkinan besar kampus ini berdiri berdasarkan dengan sumber daya energi Kalimantan Timur yang sangat melimpah.

Perguruan Tinggi STT Migas Balikpapan

Kalimantan Timur memang diakui sebagai salah satu daerah penghasil energi terbesar di Indonesia terutama pada sektor Migas (Minyak dan Gas Bumi). Hal tersebut dibuktikan dengan beroperasinya beberapa perusahaan minyak dan gas nasional maupun perusahaan luar negeri. Adapun beberapa perusahaan tersebut seperti Pertamina RU V Balikpapan, Chevron, Total E&P Indonesie, Vico Indonesia, PT. Badak NGL Bontang dan beberapa perusahaan lainnya yang bergerak pada sektor migas. Khusus untuk kota Balikpapan, kota ini cukup dikenal dengan julukan “Kota Minyak”, hal tersebut berbanding lurus dengan keberadaan STT Migas Balikpapan yang bergerak pada sektor pendidikan minyak dan gas bumi.

Dengan berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan (STT Migas Balikpapan) maka tentunya akan meningkatkan kemampuan putra-putri di kota ini untuk mendalami ilmu pengetahuan seputar migas. Dengan demikian, harapan untuk berkarir pada sektor migas tentunya sangat terbuka lebar. Keberadaan kampus STT Migas sejalan dengan program provinsi Kaltim yang menginginkan agar tenaga kerja dari berbagai kota di Kalimantan Timur memiliki kemampuan yang handal dalam dunia perminyakan.

Keunggulan utama yang dimiliki oleh STT Migas yaitu berdiri di tengah-tengah perusahaan migas, baik itu yang berada di Balikpapan maupun di daerah-daerah lainnya di Kalimantan Timur. Sehingga cukup banyak tenaga pengajar/dosen dari kalangan praktisi yang juga berkarir di perusahaan Migas. Contohnya saja program studi Teknik Pengolahan Migas, jurusan tersebut banyak dibimbing oleh dosen yang berasal dari kilang minyak Pertamina RU V Balikpapan, begitupun dengan program-program studi lainnya. Sehingga mempermudah Mahasiswa untuk melakukan praktek langsung di lapangan.

Popularitas STT Migas tentunya mampu bersaing dengan kampus-kampus sejenis maupun perguruan tinggi lainnya yang berada di Kalimantan Timur. Bila diamati dari beberapa tahun belakangan, calon Mahasiswa/Mahasiswi yang melakukan pendaftaran di STT Migas Balikpapan jumlahnya terus mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan banyaknya calon mahasisawa yang berasal dari luar pulau Kalimantan seperti dari Jawa, Sulawesi, Sumatera bahkan dari Malaysia. Dengan semakin meningkatnya peminat, membuat pihak STT Migas berusaha untuk mengimbanginya dengan menambah jumlah gedung baru di lokasi kampus beserta dengan infrastruktur dan sarana penunjang lainnya.

Uniknya, walaupun keseluruhan program studi yang tersedia di kampus ini sangat identik dengan kaum laki-laki, namun nyatanya kaum perempuan pun bisa dikatakan cukup banyak yang menuntut ilmu di kampus ini. Dari hal tersebut, dapat diartikan bahwa sudah banyak kalangan baik itu pria maupun wanita khususnya dari kota Balikpapan yang berminat untuk berkarir/bekerja di sektror industri migas.

Perlu juga diketahui bahwa ketersediaan sarana dan prasarana kampus kian meningkat, tentunya hal tersebut juga sebagai faktor makin meningkatnya popularitas kampus ini. Bahkan saat ini STT Migas telah memegang akreditasi B untuk beberapa jurusan yang tersedia. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kampus ini, anda dapat mengunjungi situs www.sttmigas.ac.id.

Adapun program studi yang tersedia di STT Migas Balikapapan terdiri dari:

  • S1 Teknik Perminyakan
  • S1 Teknik Geologi
  • S1 Teknik Industri Migas
  • D3 Teknik Pengolahan Migas
  • D3 Teknik Instrumentasi Elektronika Migas
  • D3 Teknik Pemboran

Khusus untuk Teknik Perminyakan, Teknik Pengolahan Migas dan Teknik Instrumentasi Elektronika Migas juga menyediakan program kuliah non reguler atau perkuliahaan yang dilaksanakan pada malam hari. Perkuliahaan non reguler biasanya diikuti oleh mahasiswa/mahasiswi yang telah berstatus pekerja pada perusahaan tertentu.

Demikianlah ulasan mengenai Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda. Terutama bagi Anda yang sedang mencari perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan, mungkin STT Migas dapat menjadi pertimbangan. ( Sumber  www.sttmigas.ac.id )

Editor : Marwan B

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *