Sekda Kabupaten Tanah Paser Buka Pelatihan UMKM

TANAH PASER, BARABERITA.COM Selasa 17/04/2018 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Paser bekerja sama dengan Bank Indonesia mengadakan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pelatihan yang menghadirkan empat narasumber ini berlangsung di gedung PKK, Senin (16/4) dan dihadiri peserta dari kecamatan.

Pelatihan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah AS Fathur Rahman, yang sekaligus membacakan sambutan tertulis Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi. Dalam sambutan tersebut Bupati menitipkan pesan kepada Dekranasda agar pelatihan yang diberikan memiliki asas keberlanjutan.Artinya ada dampak positif yang dirasakan oleh peserta yang sebagian besar merupakan pengrajin ini, dan dampak tersebut untuk kehidupan jangka panjang, bukan hanya sesaat,” jelas Bupati.

Hal lain juga disampaikan Bupati bahwa Dekranasda harus jeli melihat kearifan lokal, potensi daerah, serta bakat dan kemampuan masyarakat. Jika tiga hal ini ada dalam masyarakat maka Dekranasda dan pihak pemerintah tinggal mendorong para pengrajin agar lebih kreatif dan inovatif. Selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah ada target pasar yang jelas. Artinya, hasil kerajinan yang dibuat jelas akan dipasarkan ke mana. Dengan demikian para pengrajin tidak lagi was-was memikirkan cara pemasaran produk yang mereka hasilkan.

Dalam kesempatan itu Sekda bersama ketua Dekranasda Kabupaten Paser Mutiarni Yusriansyah juga meresmikan galeri Dekranasda. Galeri ini masih berada di dalam komplek gedung PKK di Jalan Jenderal Sudirman Tana Paser. Terhadap galeri ini, Sekda memberikan masukan terkait lokasi yang menurutnya kurang strategis. Ini bagus, karena menempati gedung yang permanen, namun dari sisi pemasaran, ke depannya Dekranasda harus bisa memikirkan untuk menempati lokasi yang lebih ramai, dan biasa dikunjungi banyak orang,” jelasnya. Dia juga mengatakan bahwa beberapa tahun lalu Paser pernah memiliki galeri di Plaza Kandilo. Mantan Kepala Bappeda Paser ini menyarankan jika Dekranasda bisa menempatkan galerinya di plaza tersebut.

Laporan : Evan R.S. Lintang

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *