Sekda Kabupaten Paser Terima 13 Orang Dokter Internship Akan Bertugas 1 Tahun Kedepan

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Kamis, 05/03/2020 – Pemerintah Kabupaten Paser, Selasa (12/2) menerima 13 orang tenaga dokter internship yang siap mengabdi dan bertugas dalam satu tahun kedepan.

Ke 13 dokter internsip tersebut diterima langsung oleh Sekda Paser Katsul Wijaya didampingi Kadis Kesehatan Amir Faisol, Kabag Kesra Hamdani dan  Direktur RSUD Panglima Sebaya dr Ida Bagus Ngurah Wka Wesnawan.

Saat menerima 13 dokter internship yang sudah beberapa pekan bertugas di tiga tempat yakni di RSUD Panglima Sebaya, Puskesmas Pasir Belengkong dan Puskesmas Senaken, Sekda berharap para dokter  bisa membantu pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan ditempat ditugaskan.

Selain itu  Sekda mengatakan,  dengan ditempatkannya dokter internship di Kabupaten Paser  merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Paser.

Untuk diketahui, Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di bidang kesehatan.

Internship adalah Proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Program internship yang diikuti oleh para dokter diwajibkan oleh World Federation of Medical Education, lembaga pendidikan dokter yang berada di bawah World Health Organization (WHO). Karena dalam kurikulum pendidikan dokter berbasis kompetensi, masa pendidikan dokter dipersingkat menjadi 5,5 tahun. Untuk itu, program internship ini dianggap perlu sebagai pemahiran dokter muda. (humas)

Laporan : Rendra Gunawan

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *