Sekda Kabupaten Paser : BPD Dituntut Mampu Menumbuh-Kembangkan Partisipasi & Peran Aktif Masyarakat

Tanah Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Kamis, 05/03/2020 – Bertempat di Balai Pertemuan Desa Muara Telake Kecamatan Long Kali, Sekda Paser Katsul Wijaya membuka rapat koordinas (Rakor) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Long Kali, Rabu (4/3).

Rakor BPD di  desa paling ujung di wilayah Paser yang berbatan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ini, dihadiri Kepala  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPD) Hulaimi, mewakili Camat Long Kali serta Insepektorat selaku nara sumber.

Dihadapan anggota BPD se-Kecamatan Long Kali, Sekda Katsul mengatakan BPD merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan secara demokratis dan sebagai bagian dari pemerintahan desa serta merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Oleh karenanya Katsul mengingatkan BPD dituntut untuk mampu menumbuh-kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.

“Sebagai unsur pemerintahan desa, BPD harus betul-betul mempunyai fungsi sehingga pemerintahan desa itu bisa berjalan dengan baik,” pinta Sekda dalam arahannya.

Namun hal yang termasuk prioritas perannya tambah Katsul, BPD lebih menjalankan fungsi sebagai check and balances, sebagai kontrol bagi kepala desa, terutama dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat.

“BPD dan Kepala Desa, merupakan mitra yang saling mendukung dan saling bersinergi. Dengan demikian BPD harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan senantiasa melakukan koordinasi maupun konsultasi dinamika kehidupan masyarakat desa, guna merumuskan langkah kebijakan desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ingat Katsul.

Katsul juga memberikan apresiasi kepada jajaran kepala desa dan BPD atas ketepatan waktu dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 dengan  program prioritas yang bermanfaat bagi masyarakat. (humas)

Laporan : Dwi Paramitha

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *