Sekda Apresiasi Kinerja Bappeda dalam Zonasi Tepra

Tana Paser, BARABERITA.COM  Selasa 17/07/2018  Kabupaten Paser terhadap kinerja Perangkat Daerah (PD) mendapat apresiasi dari Sekretaris Daerah, AS Fathur Rahman. Menurut Fathur Rahman, tim ini telah bekerja maksimal untuk melakukan perbaikan sesuai dengan masukan para Kepala PD pada Rakor PD yang dilaksanakan setiap TANA PASER – Sistem zonasi dari Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi APBN dan APBD bulan.

Hal ini dikatakan AS Fathur Rahman saat memimpin pertemuan Rakor PD yang berlangsung di Ruang Rapat Sadurangas, Selasa (17/7). Fathur Rahman mengatakan bahwa tim telah memperbaiki metode sehingga ranking PD dengan menggunakan warna biru, hijau, kuning dan merah sudah mencerminkan kinerja.

“Jika sistem ini sudah sesuai dengan kinerja secara utuh, maka kelihatan kinerja setiap instansi dalam realiasi keuangan dan fisik kegiatan. Saya harap Perangkat Daerah yang berada di warna merah atau kuning bisa lebih serius lagi meningkatkan kinerjanya,” ujar Sekda.

Meski demikian belum semua kinerja PD bisa tergambar dari laporan TEPRA. Ada beberapa instansi yang berada di zona merah karena tergantung transfer dana Bantuan Keuangan dan Dana Alokasi Khusus (DAK), jadi instansi yang bersangkutan masih menunggu transfer dari pusat dan provinsi.

Masalah lain, ada juga instansi yang memiliki dua sumber penganggaran, yaitu APBD dan BLUD seperti Rumah Sakit Umum Daerah Panglima Sebaya. Dalam laporan TEPRA yang terhitung per 30 Juli 2018, kelihatan bahwa instansi dengan realisasi anggaran paling tinggi masih instansi yang sama pada bulan sebelumnya, yaitu Kecamatan Pasir Belengkong, disusul Sekretariat DPRD dan Inspektorat.

Laporan : Evan RS. Lintang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *