Polda Kaltim Rancang Aplikasi untuk Deteksi Karhutla di Wilayah Kaltim

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Kamis, 04/03/2021 – Kepolisian Daerah Kalimantan Timur sedang merancang satu aplikasi yang dapat membantu mendeteksi satu hotspot atau lahan yang terbakar. Hal ini dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapi musim kemarau dalam waktu dekat.

Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Ade Yaya Suryana menjelaskan dengan aplikasi tersebut dibantu pancaran satelit, akan langsung menemukan titik munculnya api. Sehingga dapat menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Persoalan antisipasi tentang Karhutla tersebut, sebenarnya selalu menjadi agenda setiap tahunnya. Namun untuk wilayah Kaltim sendiri, selama ini bukan merupakan atensi khusus terjadianya kebakaran lahan.

“Jadi nanti akan kita distribusikan ke wilayah mana terjadinya, kemudian Polsek terdekat yang akan segera meluncur ke lokasi kejadian. Sudah menjadi agenda tahunan kebakaran lahan dan hutan. Alhamdulillah wilayah kaltim khususnya, itu bukan merupakan bagian yang menjadi atensi khusus karena mungkin dari angka hotspot itu sendiri,” jelas Kabid Humas Polda Kaltim.

Polda Kaltim juga akan melakukan yang sama seperti wilayah-wilayah lainnya. Pihaknya bahkan sudah melakukan rapat bersama untuk persiapan antisipasi tersebut.
“Iya, Polda Kaltim sudah melaksanakan rapat. Kami memberitahukan kepada semua Kapolres untuk membentuk semacam tim, dan juga mungkin akan merekrut relawan,” pungkas Kabid Humas Polda Kaltim.(Humas Polda)

Laporan : Ilham Nur

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *