Pelestarian Musik dan Lagu Daerah Gorontalo oleh Callysta Fans Club

Gorontalo, Baraberita.com – Rabu, 14/09/2022 – RRI Gorontalo mengadakan acara Talk Show yang dipandu oleh Host Indah dan Yusri dengan mengangkat tema “Pelestarian Musik Dan Lagu Daerah Gorontalo” yang dilaksanakan oleh Callysta Fans Club perkumpulan pecinta musik daerah bekerja sama dengan RRI Gorontalo.

Dalam acara Talk Show dihadiri oleh penyanyi penyanyi terkenal di Daerah Gorontalo bahkan mereka terkenal sampai keluar daerah, antara lain Anton Dalilla, Hartati Salamanya,
Titin Thalib, Rita Hasyim.

Tembang yang mereka persembahkan adalah lagu lagu lawas antara lain adalah
Lagu Moleleyangi, Lagu To Bulalo Lo Limutu, Lagu Biteya dan Lagu Hulonthalo Lipu’u dengan di iringi alat musik tradisonal Gorontalo yaitu Popalo, Gambusi dan Bomboliyonu.

Dalam kesempatan ini pun Callysta Fans Club menghadirkan Nara Sumber. Prof. Dr, Hj. Asna Aneta, M. Si. Mengangkat topik ” Pelestarian Adat dan Budaya Gorontalo ” Dalam sambutannya Prof Asna Aneta menyampaikan bagaimana melestarikan budaya daerah dan untuk mempererat tali ikatan masyarakat dari bawah sampai di kota bahkan Hj. Hasna menyampaikan betapa pentingnya melestarikan budaya di jaman modern seperti saat ini.

Dr. Dra. Hj Alwarits Nggole, M. P dalam kesempatan yang sama menjadi Narasumber yang mengangkat topik berjudul ” Retorika Tonggobi, Polopalo Dan Bomboliyonu ” Dalam sambutannya Dr. Always Nggole mengupas tentang alat musik Tonggobi dan lainnya. Tonggobi adalah media musik radisional” Alat musik Tonggobi adalah media atau alat yang dijadikan masyarakat petani Gorontalo jaman dulu untuk mengusir hama saat akan panen raya. musik Tonggobi ini mengeluarkan suara yang beraturan bahkan hingga diperlombakan tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Drs. Sofyan Mohi, M. M mengangkat topik ” Penyanyi Dan Pencipta Lagu Daerah Gorontalo ” Dalam sambutannya Drs. Sofyan Mohi menyampaikan kita harus membentuk lomba lomba menyanyi lagu daerah bahkan menciptakan kreativitas lagu daerah agar budaya kita tetap terjaga dan dilestaraikan.

Dalam kesempatan ini pula Drs Sofyan Mohi menyanyi kan lagu duet Bakari Aisyah bersama Titin Thalib.
Suksesnya acara Talk Show tentu karena adanya kerja sama yang baik dari pengurus RRI dan juga pengurus Callysta fans club.

Laporan : Stevani Syawal

 

 

 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *