29 Maret 2024

MUHAIMIN, S.T., M.T, PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT MAHAKAM 2022 DI BALIKPAPAN

0

 

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Jum’at, 22/4/2022 – Tepat pukul 09.00 Wita di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Mahakam 2022, dengan thema “Wujud sinergi Polri dengan Instasi terkait untuk menjamin nasyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H”.

Walikota diwakili Pj. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Muhaimin, S.T., M.T, Sekaligus memimpin apel gelar pasukan  didampingi Danlanud Dhomber Balikpapan, Kolonel Pnb Sidik Setiyono, S.E., M. Han., Kapolresta Balikpapan Kombes pol V Thirdy Hadimiarso, SIK, Kasdim 0905/Bpp Letkol Inf Markuwat, Wakil Ketua I Dprd Kota Balikpapan Budiono dan Pgs. Palaksa Lanal Bpp Mayor Laut (PM) Arifuddin

Amanat Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dibacakan oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Balikpapqn, Muhaimin. S.T. Beberapa penekanan Kapolri Sebagai berikut :

a. Berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. Pergerakan masyarakat ini terutama terkonsentrasi di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Moda transportasi lebaran didominasi oleh jalur Darat dengan menggunakan (kendaraan pribadi 47%, kendaraan umum 31%), jalur Udara 10%, kereta api 10%, jalur laut 2%, dan lainnya 0,11%.

b. Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan berada di bawah angka 1, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada dibawah standar WHO, namun perlu tetap saya tegaskan bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai. Semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan terhadap terjadinya transmisi Covid-19.

c. Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi “Ketupat-2022” selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022. Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara.

d. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu.

e. Pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah, melalui Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 April sampai dengan tanggal 9 Mei 2022 serta surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemic Covid-19, yang berlaku efektif mulai tanggal 2 April 2022. Dalam kebijakan pemerintah tersebut telah diatur secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa pandemi sesuai level asesmen di masing-masing wilayah.

Laporan : Yusni

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *