“Dana Amanah” Modus Penipuan Miliyaran Rupiah, Polda Gorontalo Amankan 3 Orang Pelaku

Gorontalo, Baraberita.com – Rabu, 24/03/2021 – Selasa (23/03/2021) pukul 16.30 Wita, Tim Resmob Polda Gorontalo berhasil mengamankan 3 orag laki-laki yang diduga merupakan kelompok penipuan dengan modus mengikuti simbol pengurusan dana amanah.

Ketiga pelaku tersebut berinisal, ML (41 Tahun), AAA (54 Tahun) dan UU (48 Tahun). Dimana mereka dibekuk berdasarkan laporan masyarakat di SPKT Polda Gorontalo atas nama ESA yang juga merupakan korban dari penipuan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Gorontalo Kombes Pol Deni Okvianto, SIK., M.H, melalui Katim Resmob Polda Gorontalo Ipda Sucipto Amboy, S.H menjelaskan, modus dari pada pelaku yakni dengan cara menelpon dan membujuk Korban untuk mengikuti simbol pengurusan dana amanah dengan cara memberikan uang titipan kepada pelaku.

Awalnya korban mentransfer sejumlah uang ke rekening pelaku UU. Kemudian UU kembali menyerahkan uang kepada Pelaku lainnya yakni ML, yang kemudian ML meminta uang terus menerus kepada si korban dengan alasan agar simbol dana amanah uang tersebut bisa cair miliaran rupiah dan bisa menyelamatkan umat, sehingga total kerugian pelapor perempuan ESA sebesar Rp.320.000.000 (Tiga ratus dua puluh juta rupiah).

Lanjut Sucipto, dari hasil introgasi kepada Pelaku dan pengembangan dilapangan bahwa uang hasil Penipuan terhadap korban digunakan oleh pelaku ML untuk berhura-hura di tempat karaoke dan diketahui korban hasil penipuan berjumlah kurang lebih 30 orang dengan total kerugian keseluruhan korban kurang lebih sekitar 1 Miliyar.

“Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari pelaku yakni uang tunai sebesar Rp.1.136.200.00, 1 buah Handphone Merek Samsung A51 warna Biru Hitam, 1 (satu) buah Handphone Merek Nokia130 warna hitam, 1 (satu) buah Handphone merek Xiaomi Redmi 2, 1 (satu) buah Handphone Nokia150 warna putih, 1 (satu) buah dompet kulit warna hitam, 1 buah tas warna biru abu-abu merek Baikal, 2 (dua) buah jam tangan merek Ripcurl dan Swis Army, 2 (dua) buah ATM BNI dan Mandiri,” terang Sucipto.

“Untuk ketiga terduga pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolda Gorontalo guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tambahnya.

Laporan : Femmy ES. Gubali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *