May Day, Forum Komunikasi Serikat Pekerja Atau Serikat Buruh Kota Balikpapan Sampaikan Petisi

Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com –  Minggu, 01/05/2022 – Bertempat di Aula Kantor Walikota Balikpapan Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Kota, para aktifis Buruh dan atau pekerja menyampaikan Petisi saat May Day.

Saat penyampaian Petisi May Day, hadir unsur Forkopimda Balikpapan.
Walikota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, S.E, M.E., didampingi para Staf Ahli dan Asisten Pemkot Balikpapan,
Asisten I Drs. Syaiful Bahri, Asisten II Agus Budi, dan yang wakili unsur Forkopimda. Nampak mendampingi Walikota Kadisnaker Kota Balikpapan Ani Mufaidah.

Perwakilan Serikat Pekerja Kota Balikpapan hadir Ketum SP Mathilda FSPPB Mugiyanto, S.P Pertamina Hulu Mahakam Budi Satria, Ikatan Pekerja Komatsu Remanufacturing Asia Fahitda B, S.P Restu Ibu, Halimatus Sadiah, S.P PT. Angkasa Pura I (Persero) Febby Agustya, KSPSI Kota Balikpapan H. Abd. Muis, Antun C. Amrullah, S.P Pertamedika Ashar Firman S, S.P Naban Bersatu Yuliana, Federasi Serikat Pekerja Balikpapan Ishak Idris, S.P Hero Supermarket Hermanto, S.P GBB RU V Bayu Argo S, S.P Naban Bersatu Pertamina Rudi Hartono.

Ketua Umum FSPPB Kota Balikpapan Mugiyanto, menyampaikan terimakasih bisa bertemu dengan Walikota, 1 Mei merupakan hari buruh yang kita rayakan namun dalam dua terakhir ini kita lakukan dengan cara penyampaian petisi langsung ke Walikota Balikpapan. Buruh atau Pekerja harus merubah kegiatan May Day bukan menjadi momok bagi masyarakat, namun harus bisa mengubah maind set masyarakat, bisa menarik simpati masyarakat, dan itu sudah dilakukan dalam tiga atau empat tahun terakhir di kota Balikpapan. Sehingga mendapat tanggapan positif. Yang penting aspirasi kami tersampaikan dengan komunikasi yang baik.

Dalam kesempatan May Day ini, BPJS memberi bantuan berupa paket sembako sebanyak 160 paket. Tahun ini terdapat peningkatan kegiatan pembagian sembako sebanyak ± 315, dimana tahun sebelumya sebanyak 203 paket Sembako, untuk distribusikan kepada teman taman Buruh/Pekerja yang perlu uluran tangan.

Walikota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud, S.E, M.E., mengucapkan selamat memperingati hari buruh sedunia dan juga selamat menyambut hari raya Idul Fitri 2022 kepada keluarga besar Pekerja/Buruh se-Kota Balikpapan.
tema May day 2022, yang dicanangkan Kemnaker adalah “Ketupat May Day” dan sub tema “Meraih Kemenangan dengan mengutamakan silaturahmi menuju Industrial Peace”.

May Day menjadi momentum menggaungkan dan menghidupkan kembali nilai-nilai luhur hubungan industrial Pancasila yang dirasakan semakin luntur pasca reformasi.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada berbagai kesempatan menyampaikan bahwa, Prinsip nilai luhur hubungan Industrial Pancasila yang mengedepankan prinsip-prinsip adaptif dan kolaboratif melalui dialog sosial, musyawarah untuk mufakat, kekeluargaan serta gotong royong, sangat efektif dalam meredam berbagai gejolak di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis harus terus ditingkatkan.

Kota Balikpapan dan Provinsi Kaltim memiliki agenda yang sangat penting, yaitu mempersiapkan Ibu Kota Negara Nusantara, di mana hubungan industrial yang harmonis mutlak diperlukan guna menyukseskan terwujudnya Ibu Kota Negara yang Representatif, sekaligus menciptakan iklim investasi yang kondusif, sehingga dapat menarik minat investor untuk masuk, yang pada gilirannya akan membawa manfaat, baik untuk para pengusaha, kalangan pekerja, serta perekonomian daerah Kota Balikpapan.

Petisi disampaikan oleh Ketua Umum FSPPB Kota Balikpapan Mugiyanto.

*PETISI MAYDAY 01 MEI 2022*

Dengan mengusung tema May Day 2022 yaitu “Meraih Kemenangan dengan Mengutamakan Silaturahmi Menuju Industrial Peace” adalah merupakan momentum dan waktu yang tepat untuk mewujudkan integritas dan idealisme Pekerja/Buruh dalam membangun kondusifitas dan sinergitas kegiatan ekonomi, politik serta sosial budaya di Kota Balikpapan tercinta.

Memperhatikan dinamika yang berkembang, khususnya terkait permasalahan ketenagakerjaan, Forum Komunikasi Serikat Pekerja/ Serikat Buruh (FK SP/SB) Kota Balikpapan, menyampaikan PETISI kepada seluruh pemangku kepentingan di Wilayah Kota Balikpapan sebagai berikut:

1. Mengedepankan prinsip-prinsip adaptif yaitu terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan dan kolaboratif yaitu membangun kerjasama yang sinergis, melalui dialog sosial, musyawarah untuk mufakat, kekeluargaan serta gotong royong dalam menciptakan hubungan industrial yang harmonis.

2. Memperkuat pemberdayaan kelembagaan Hubungan Industrial Kota Balikpapan yaitu Tim Deteksi Dini, Dewan Pengupahan dan LKS Tripartit Kota Balikpapan dengan menjadikan komunikasi sebagai pilar utama penyelesaian berbagai
permasalahan ketenagakerjaan.

3. Secara bertahap dan berkelanjutan meminta agar pemerintah dan DPR bersungguh-sungguh menyerap aspirasi pekerja/buruh dalam menyusun kembali Undang-Undang Cipta Kerja sebagaimana diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) RI pada putusan No.91/PUU-XIX/2021.

4. Penguatan dan penyiapan keahlian, kapabilitas dan kompetensi tenaga kerja Kota Balikpapan sebagai SDM Unggul Kaltim, sehingga dapat menjadi sumber utama penyediaan tenaga kerja berkualitas dalam hajatan nasional pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur melalui penguatan Lembaga Pendidikan dan Balai Latihan Kerja.

5. Pemerintah dan DPR agar mengevaluasi kembali dan mengusulkan keberadaan  Pejabat Pengawas Ketenagakerjaan di Kota Balikpapan untuk menjalankan fungsi pengawasan pekerjaan/proyek yang beroperasi di Kota Balikpapan dan perlindungan bagi Pekerja/buruh Kota Balikpapan.

6. Pemerintah dan DPR agar segera mengawasi dan memastikan terpenuhinya kebutuhan rakyat kecil, yaitu dalam pengendalian distribusi minyak goreng dan sembako lainnya, serta memastikan tidak terjadi kelangkaan dan dengan harga
yang terjangkau oleh masyarakat.

Laporan : Oni BS

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.