Korlantas Polri Peragakan Alat Pemindai 3D Scanner untuk Dukung Penyidikan Laka Lantas

0

Jakarta, Baraberita.com – Kamis, 09/03/2023 – Dukung alat olah TKP yang sudah ada, Ditgakkum Korlantas Polri memperagakan alat pemindai 3 dimensi atau Faro Freestyle Hand Held 3D Scanner yang berfungsi untuk mengukur kerusakan kendaraan pada kecelakaan, dan alat ini lebih cepat dari alat yang sudah ada.

“Kerja alat ini sangat detail, mengukur di ruang-ruang yang tak tersentuh. Selain itu alat ini memproses secara cepat, alat sebelumnya butuh waktu tiga hari, dengan alat ini cukup hitungan jam,” jelas Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen. Pol. Drs. Aan Suhanan, M.Si., dilansir dari laman ntmcpolri, Kamis (09/03/2023)

Brigjen. Pol. Aan Suhanan mengatakan alat ini otomatis langsung memproses, menganalisa dengan hasil mendekati sempurna yaitu 99%. Alat ini sangat penting melaksanakan Olah TKP berbasis alat modern.

“TKP menjadi kunci pengungkapan kasus, kalau konvensional sangat kesulitan. Petugas yang mengoperasionalkan akan ada pelatihan dan sertifikat. Ini sudah terbukti menjadi Yurisprudensi kasus di Jombang,” jelas Dirgakkum Korlantas Polri.

Dirgakkum Korlantas Polri menambahkan bahwa alat ini nantinya akan didistribusikan ke jajaran Polda dan Polres se-Indonesia. Harapannya dengan bantuan alat ini, bukti-bukti yang disajikan di pengadilan tidak akan terbantahkan.

Laporan : Arimin JW.

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *