Kapolda Maluku Utara Berbelasungkawa Atas Meninggalnya Petinju Albert Papilaya

Ternate – Malut, Baraberita.com – Senin, 19/04/2021 – Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya petinju legendaris Indonesia terbaik asal Maluku Utara Kompol Albert Papilaya.

“Turut berbela sungkawa atas meninggalnya Kompol Albert Papilaya, semoga semua jasa dan kebaikan beliau semasa hidupnya diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinnggalkan senantiasa mendapat kekuatan serta keikhlasan dalam menerimanya,” kata Kapolda Malut, melalui Kabid Humas Kombes Pol Adip Rodjikan di Ternate, Minggu.

Menurut Kapolda, Polda Malut telah kehilangan sosok petinju legendaris, yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasioal dan telah mendedikasikan diri sebagai anggota Kepolisian.

Kompol Albert Papilaya merupakan petinju Indonesia yang mencapai perempat final Olimpiade 1992 Barcelona. Ia meninggal dunia di Ternate, Maluku Utara, pada Minggu pukul 00.45 WIB atau 02.45 WIT, setelah sebelumnya menjalani perawatan intensif di IGD RSUD Dr H Chasan Boesoerie.

Pria kelahiran Tobelo, Maluku Utara, 15 September 1967 itu merupakan legenda tinju amatir Indonesia yang banyak meraih prestasi, termasuk mengoleksi empat medali emas PON, tujuh medali emas SEA Games dan juga meraih prestasi pada ajang Piala Presiden.

Albert Papilaya bertugas di Polda Metro Jaya sebelum akhirnya pulang ke kampung halamannya di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara pada awal Maret lalu dan sempat menjalani perawatan kesehatan sebelum menghembuskan nafas terakhirnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, almarhum akan dikebumikan di Desa Awer Jailolo, Halmahera Barat.

Kabar duka meninggalnya petinju terbaik yang dimiliki Maluku Utara itu mendapat ratusan ucapan belasungkawa dari warga Maluku Utara melalui media sosial Facebook.

“Turut berdukacita, selamat jalan sahabatku, yuniorku, engkau orang baik dan dunia tinju tanah air merasa kehilangan seorang legenda tinju Indonesia.. semoga engkau tenang disana Abe‚Ķ” tulis Dilla Togubu.

“Turut berduka cita..selamat jalan kakanda semoga tuhan memberkati,” kata salah satu warga bernama Babullah Gamalama.

Hal senada juga disampaikan oleh Muhammad Iqbal, “Turut berduka cita. Maluku Utara kehilangan salah satu putra terbaik yang berjasa di bidang olahraga. Bung Albert Papilaya telah membesarkan nama Maluku Utara dan Indonesia.”

Laporan : Fachmi Bachdar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *