“ Kabupaten Paser Butuhkan Analisis Tajam & Berkualitas Dalam Penyusunan Dokumen Perencanaan”

Tana Paser – Kaltim,  Baraberita.com – Kamis, 06/02/2020 – Penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Bupati Paser  Yusriansyah  Syarkawi dan Rektor UGM Prof Panut Mulyono, dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Ketua Bappedalitbag Paser Muksin  dan Dekan Fisipol UGM.

Nota kesepahaman bersama ini untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki Pemkab Paser dan UGM yang salah satunya  dalam menyusun dokumen perencanaan baik jangka pendek/tahunan, jangka menengah dan jangka panjang, dimana Pemkab Paser  sangat memperhatikan kualitas substansi dan dokumen yang disusun.

Menurut Ketua Bappedalitbag Muksin saat melakukan konsultasi dengan tim Divisi Diklat Magister Administrasi Publik (MAP)  FISIPOL Universitas Gaya Mada (UGM), tahun 2021 Paser  akan melangsungkan pemilihan kepala daerah.

Sesuai amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017, tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah untuk menyusun Background Study Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta Rancangan Teknoratik RPJMD tahun 2021-2025.

Kemudian, kata Muksin pada tahun 2021 rancangan teknoratik RPJMD itu akan disempurnakan menjadi rancangan akhir RPJMD dengan memuat pendekatan politis dari RPJMD melalui visi, misi, tujuan, sasaran dan sterategi pembangunan dari kepala daerah terpilih.

Muksin mengatakan, mengingat kompleksitas isu strategis, permasalahan dan kebijakan yang akan disusun ke depannya, maka Paser membutuhkan analisis yang tajam dan berkualitas dalam penyusunan dokumen perencanaan. Sebab rancangan dokumen RPJMD yang akan disusun, adalah kebutuhan dan milik daerah untuk dipedomani serta menentukan masa depan Kabupaten Paser lima tahun ke depan.

“Pekan ini  bimtek digelar untuk memperoleh kesamaan persepsi aparatur perencanaan, baik di OPD maupun Bappedalitbag  tentang dokumen teknokratik RPJMD , fungsi dan cara penyusunannya,” sebut Muksin. (humas)

Laporan : Rina Sengi Aliyu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *