Hasil Pleno KPU Sultra, 10 Kabupaten Rampung

Kendari, BARABERITA.COM Senin 09/07/2018 Rekapitul asi hasil perolehan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar Komisi Pemilihan Umum

(KPU) Sultra, Sabtu (7/7/2018) sudah 60 persen rampung. 10 KPU Kabupaten-kota se Sultra sudah menasukkan hasil perhitungan suaranya.

Kabupaten-kota tersebut yakini, Kabupaten Bombana, Buton, Buton Selatan (Busel), Buton Tengah (Buteng), Buton Utara (Butur), Kolaka, Kolaka Timur (Koltim), Kolaka Utara (Kolut) dan Konawe serta Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Dari 10 kabuparen-kota yang masuk, pasangan Alimazi-Lukman Abunawas diunggulkan. Meski demikian KPU Sultra enggan menyebutkan detail perolehan suaranya.

“Itu belum bisa saya sebutkan. Nanti masuk semuanya baru bisa kita tahu detail perolehan suara paslon,” kata Muhammad Abdul Natsir, Ketua KPU Sultra.

Kendati sudah 60 persen rampung, ada beberapa kendala yang terjadi pada pleno KPU kali ini.

Adalah maladministrasi yang banyak terdapat pada KPU kabupaten-kota.

Kendala administrasi sendiri mengundang perdebatan alot antara KPU kabupaten-kota dengan Badan Pengawas Pemiliha Umum (Bawaslu) Sultra.

Abdul Natsir bilang, kekeliruan pada KPU kabupaten-kota bukan suatu  kejahatan namun hanyalah masalah kekeliruan pencatatan.

“Ada data yang tidak konek terkait dengan daftar calon tetap (dpt). Misalkan KPU provinsi menetapkan dpt 5000 ternyata setelah direkap KPU kabupaten/kota itu hanya 4900. Ada seratus disana dpt yang tidak dicocokan oleh mereka, ujarnya.

Abdul Natsir  menjelaskan, rapat pleno juga berguna untuk membetulkan data yang keliru pada tingkat KPU kabupaten-kota dengan KPU provinsi.

“Prinsip pleno berjenjang itu untuk juga membetulkan kesalahan koneksi data pada tingkat KPU kabupaten/kota dengan KPU provinsi. Itu jika ada kalau tidak ada maka kita lewati,” lanjutnya.

Meski demikian Abdul Natsir  membenarkan tentang adanya beberapa data KPU kabupaten-kota yang dibenahi.

“Misalkan di Buton Utara, ada satu kecamatan di Kulisusu Utara lebih telapnya. DPTnya 200 yang kami tetapkan. Tetapi fakta yang tertulis di laporan pertanggung jawaban tidak sama dengan data kami di KPU provinsi” lanjut Abdul Natsir.

Pleno rekapitulasi hasil suara Pilgub sendiri diskorsing samapai dengan pukul 20.00 WITA. Sampai saat ini masih ada tujuh kabupaten-kota yang tersisa.

Laporan : Edison B

 

 

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *