20 April 2024

Apa Itu Literasi dan Apa Manfaatnya ? Oleh Vania Azalia Putri

0

Vania Azalia Putri

Vania Azalia Putri

Di zaman sekarang banyak sekali orang yang menggunakan kata “Literasi” untuk mengingatkan orang lain di sosial media. Biasanya kata literasi itu digunakan untuk membalas seseorang yang menelan sebuah informasi secara mentah mentah tanpa membacanya dengan lebih seksama dan ditelaah, sehingga ia mendapatkan informasi yang salah atau biasa dikenal dengan hoax.

Kata literasi sudah sering digunakan. Kalau begitu, arti dari literasi itu apa? Literasi dapat dipahami dengan berbagai arti. Banyak ahli yang telah mengemukakan arti dari literasi dengan poin yang kurang lebih sama satu sama lain. Literasi adalah kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami sebuah informasi dari membaca, selain itu literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menulis.

Istilah literasi berasal dari Bahasa latin yaitu literatus yang memiliki arti orang yang belajar. Maka dari itu, orang yang memiliki tingkat literasi tinggi pasti memiliki wawasan yang luas sehingga memiliki banyak pengetahuan untuk kecakapan hidup. Seiring berjalannya waktu, perkembangan zaman pun tentunya terjadi, hal itu lah yang menyebabkan konsep literasi semakin berkembang dan memiliki banyak jenisnya. Yang awalnya dari literasi dasar yang berisi kegiatan baca tulis, berkembang menjadi banyak jenis, mulai dari literasi teknologi, literasi media, literasi sains, literasi sekolah, dan lainnya. Literasi tentu memiliki tujuan, apakah tuujuan dari literasi?

Tujuan literasi

  1. Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia
  2. Membantu seseorang agar terhindar dari hoax
  3. Meningkatkan pengetahuan melalui kegiatan membaca
  4. Dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berpikir kritis
  5. Memperkuat nilai kepribadian memlalui kegiatan baca dan tulis

Setelah mengetahui tujuan dari literasi, untuk meningkatkan minat literasi tentunya juga harus tersedia media yang mudah diakses. Media untuk ber-literasi di zaman sekarang sangat mudah ditemukan dimana-mana. Mau itu secara manual, melalui buku, majalah, koran, dan lain sebagainya masih tersedia. Namun untuk mempermudah kini sudah banyak orang yang menerapkan literasi digital, hanya dengan lewat smartphone atau device lainnya seperti laptop sudah bisa membaca berbagai berita, buku elektronik, dan juga informasi lainnya. Bahkan banyak platform yang menyediakan lapak untuk mengunggah atau membaca tulisan, seperti blog, artikel, atau bahkan cerita secara gratis.

Terlepas dari paradigma bahwa literasi merupakan kemampuan dalam baca dan tulis, menonton juga merupakan bagian dari literasi. Contohnya saja saat menonton sebuah video memasak, setelah menontonnya tentu kita bisa mendapatkan informasi terkait sebuah makanan, bisa saja resep, atau asal usul makanan tersebut, dan masih banyak lagi manfaatnya. Lalu apa saja manfaat lainnya dari literasi.

Manfaat

  1. Dapat terhindar dari hoax
  2. Memiliki wawasan yang luas
  3. Dapat meningkatkan focus dan konsentrasi
  4. Melatih kemampuan berpikir
  5. Tidak salah dalam menangkap sebuah informasi
  6. Mengoptimalkan kerja otak
  7. Meningkatkan kemampuan verbal
  8. Dapat memiliki banyak kosa kata
  9. Memiliki kemampuan dalam merangkai kata

Literasi itu keren bukan? Nah setelah mengetahui berbagai informasi terkait literasi mari kita ikut serta dalam meningkatkan minat literasi di Indonesia.

 

Profil Penulis

Vania Azalia Putri ialah seorang anak perempuan yang dilahirkan di kota Balikpapan pada tanggal 23 Oktober tahun 2007. Ia memiliki 2 orang kakak laki laki yang biasa dipanggil abang olehnya. Kini ia telah berusia 15 tahun dan menginjak bangku kelas 1 SMA di SMA Negeri 5 Balikpapan Angkatan 34.

Vania memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terhadap buku, hal tersebut diwariskan dari ayahnya yang banyak mengoleksi buku. Ketertarikannya terhadap buku diawali dengan majalah bobo, dan berlanjut ke komik, ya seperti anak kecil pada umumnya yang memiliki judul komik favorit masing masing. Di usianya yang ke 11 tahun saat menginjak bangku SMP, Vania memulai menunjukkan ketertarikannya kepada novel dikarenakan melihat abangnya yang tampak sangat serius saat membaca novel. Bahkan ia mencoba menulis novel sendiri di sebuah platform digital terkenal. Dengan minat yang ia miliki itu membuatnya bisa menjadi Duta Literasi SMA Negeri 5 Balikpapan 2023/2024.

Vania bercita-cita untuk menjadi seorang pharmacist atau apoteker, ia memiliki minat di bidang kefarmasian. Selain itu, ada pula cita-cita yang sedari kecil didambakan olehnya yaitu, menerbitkan sebuah novel. Sehubungan dengan novel, ada beberapa penulis yang membuatnya termotivasi untuk terus ber-literasi, mau itu membaca ataupun menulis, beberapa tokoh-tokoh yang berasal dari Indonesia ialah Buya Hamka, dan Tere Liye. Dan bebrapa penulis jepang seperti Makoto Shinkai, Keigo Higashino, dan Minato Kanae.

Laporan : Nai’la Arbraara

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *