29 Maret 2024

Anggota DPRD Kota Balikpapan, Parlindungan Turun Gunung Bantu Problem Solving Warga di Polsek

0
Balikpapan – Kaltim, Baraberita.com – Minggu, 23/10/2022 –  Mulai pukul 22.00 Wita, Polsek Balikpapan Selatan terlihat ramai didatangi warga masyarakat, namun penuh kekeluargaan. Seorang laki-laki mendampingi Kapolsek Balikpapan Selatan AKP Bambang Suhandoyo, S.H,. Dia adalah wakil rakyat DPRD Kota Balikpapan, Parlindungan Sihotang. Pria ini terlihat gesit, humanis dan cekatan, layaknya anggota Kepolisian yang sedang bertugas. Rupanya, Polsek Balikpapan Selatan sedang melaksanakan tindakan kepolisian bersifat problem solving (Restorasi of justice), atas kejadian perkelahian antar anak remaja, yang mengakibatkan adanya dua korban luka lebam di bagian mata dan kepala.
Proses problem solving melibatkan beberapa tokoh masyarakat setempat, yang berkompeten atas kejadian tersebut, antara lain Lurah Sungai Nangka Sandrang, Ketua LPM Sungai Nangka Parlindungan Sihotang, Ketua RT 23 Alimudin, Bhabinkamtibmas Sungai Nangka Bripka David Setiawan, Babinsa Sungai Nangka Sertu Eko Saputro, dan Orang Tua atau Wali dari kedua pihak anak remaja yang berkelahi.
Pertemuan bersifat problem solving dibuka secara humanis oleh Kapolsek Balikpapan Selatan AKP Bambang Suhandoyo, S.H,. Selanjutnya diserahkan kepada para tokoh masyarakat setempat, untuk memberikan arahan bersifat edukatif, mulai Ketua LPM Parlindungan Sihotang, Lurah Sungai Nangka, dan Bhabinkamtibmas David.
Hasil problem solving (Restorasi of justice) cukup melegakan semua pihak. Pihak Korban dan didampingi kedua orang tuanya, memberikan maaf kepada para pelaku. Dengan catatan agar tidak mengulangi kesalahan lagi. Sedangkan, pihak para pelaku diarahkan meminta maaf kepada para orang tuanya, berjanji tidak mengulangi lagi. Selanjutnya, meminta maaf kepada kedua korban dan saling bermaafan dihadapan orang tua.
Polsek Balikpapan Selatan membuatkan surat pernyataan kesepakatan damai dari kedua pihak. Ditanda-tangani para orang tua, Disaksikan dan diketahui tokoh masyarakat setempat, yang terlebih dahulu memberikan tindakan edukasi kepada para remaja yang berkelahi, dan kepada para orangtuanya pelaku.
Usai problem solving, Kapolsek menjelaskan bahwa hal ini adalah salah satu upaya untuk menyelesaikan problem yang ada dalam masyarakat, diluar proses Peradilan, dan dibenarkan sesuai aturan yang ada.
Sementara, Parlindungan saat ditemui media ini, terlihat puas bisa turut memberi pelayanan kepada warganya yang bermasalah hukum, hingga ditangani Kepolisian.
“Saya diundang Polsek melalui Bhabinkamtibmas. Agar segera hadir di Polsek untuk membantu menyelesaikan adanya perkelahian anak remaja di RT 23. Alhamdulillah, permasalahan bisa selesai” ujar Parlindungan tampak gembira.
“Itu anak-anak kita adalah aset bangsa. Masa depan mereka masih panjang. Kita harus sabar membina mereka dan membantu meraih masa depan yang cerah. Saya terima kasih diundang Polsek untuk kegiatan ini” tutup Parlindungan yang juga Ketua LPM dan Ketua RT ini.
Laporan : Yulsa Zena 

Loading

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *