Alumni 82 SMP Negeri V Kota Gorontalo Laksanakan Tadarus dan Hatam Al Quran

Gorontalo Kota, Baraberita.com – Kamis, 28/10/2021 – Alumni 82 SMP Negeri V Kota Gorontalo yang diketuai oleh H. Mansyur Ronosumitro melaksanakan program belajar bersama baca tulis Al Quran.  Pada malam Jum’at 28 Oktober 2021 bertempat di rumahnya Pembina Alumni  DR. H. Zuchri Abdussamad. S.I.K., M. Si  melaksanakan Hatam Al Qur’an yang tadarusnya di awali pada minggu ke empat bulan Oktober dengan membagi 30 juz kepada teman teman alumni. Antusiasnya teman teman dalam membaca Alquran diwujudkan dengan  dua hari 30 juz sudah selesai dilaksanakan.

Dalam arahannya Pembina Alumni 82 SMP Negeri V Gorontalo menjelaskan bahwa Tadarus merupakan suatu amalan yang biasanya dilakukan pada bulan suci Ramadhan dengan bersama-sama belajar membaca Alquran dengan baik dan benar demi mengharap ridho Allah SWT. Secara bahasa, tadarus berasal dari bahasa Arab yaitu daroosa-yadruusu yang berarti mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji dan mengambil pelajaran. Kemudian pada awal kalimat tersebut ditambahkan huruf  ta‘ sehingga bunyinya pun berubah menjadi tadaarosa-yatadaarosu sehingga maknanya juga berubah menjadi saling belajar atau mempelajari secara lebih mendalam.

Sehingga, jika disimpulkan berdasarkan asal muasal kalimat tersebut berarti makna dari tadarus itu ialah menelaah atau mengkaji serta mempelajari isi Alquran lebih dalam sehingga bisa dijadikan sebagai pelajaran dalam kehidupan. Sinkron dengan program kerja dari Alumni sebelum Hatam dilakukan pengkajian baik dari tajwidnya, makna bahasanya, sehingga teman teman bukanhanya skedar membaca dan menyimak bacaan Alquran, tapi ada pengkajian dan pemahaman mendalam serta bertukar pandangan mengenai ayat dan tafsir yang telah dibaca. Alhamdulilah H Irfan Akadji dan Ibu Hj. Widyawati Kasim bertindak sebagai pembahas pada momen tersebut.

Pada akhir kegiatan Ketua Alumni H. Mansyur Ronosumitro lebih mempertegas bahwa  jangan sampai kita hanya terfokus pada khatam tanpa ada kekhusyukan di dalam hati. Sungguh mulia berusaha mengkhatamkan Al-Quran, namun jika sampai memaksakan diri dengan menghilangkan tuma’ninah tentu saja adalah sesuatu yang salah.

Orang yang mengikuti khataman Al-Qur’an, seperti mengikuti pembagian ghanimah Dari Abu Qilabah, Rasulullah saw. mengatakan, “Barangsiapa yang menyaksikan (mengikuti) bacaan Al-Qur’an ketika dibuka (dimulai), maka seakan-akan ia mengikuti kemenangan (futuh) fi sabilillah. Dan barangsiapa yang mengikuti pengkhataman Al-Qur’an maka seakan-akan ia mengikuti pembagian ghanimah.”
(HR. Addarimi). Tadarus dan Hatam Alquran ini dilaksanakan oleh segenap alumni 82 SMP Negeri V dilaksanakn setiap bulan 2 kali hatam.

Laporan : Nur F. Bolotio

follow :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *